Pemkot Tomohon Gelar Rakor Vaksin Tahap II

oleh

Manadotempo Tomohon.

Rapat pelaksanaan vaksinasi covid 19 tahap 2 dengan sasaran pelayanan publik di Kota Tomohon, dilaksanakan di ruang rapat Kantor Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, kamis (4/3).

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Toar Pandeirot SPd MM mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut dan ragu-ragu untuk divaksin karena vaksin sinovac dijamin pemerintah dan vaksin ini telah  teruji dan memiliki sertifikat halal dari Kementerian agama dan ijin penggunaan dari badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Sejak pelaksanaan vaksin di Kota Tomohon pada tanggal 15 januari 2021 dengan jumlah sasaran tahap pertama penerima vaksin covid-19 adalah tenaga kesehatan yang berjumlah 1539 orang. Sampai dengan tanggal 3 maret 2021 jumlah sasaran yang di vaksinasi yaitu vaksin pertama sebanyak 1381 (84,93 %) orang, vaksin kedua sebanyak 1124 orang ( 69,12 %).

Pada saat ini Kota Tomohon akan melakukan vaksinasi covid-19 tahap 2, adapun sasaran penerima vaksin yaitu TNI/Polri, pelayanan publik, ASN/THL, tokoh agama, pelaku usaha, Organda, BUMN, BUMD, lansia.

Untuk itu sangat dibutuhkan data jumlah sasaran penerima vaksin secara akurat dan tepat karena data ini sebagai dasar untuk menghitung kebutuhan jumlah sasaran yang akan divaksin dan jumlah kebutuhan vaksin.

Untuk sarana penunjang pelayanan vaksinasi di Kota Tomohon berjumlah 11 sarana yakni 7 puskesmas, 3 rumah sakit, 1 klinik (Polres).
Melalui pertemuan lintas sektor ini diharapakan dapat menyamakan persepsi melalui tupoksi masing-masing SKPD, karena dengan adanya dukungan dari berbagai pihak akan sangat membantu upaya Pemerintah Kota Tomohon dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19 di Kota Tomohon.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon Dr Deesje Liuw M Biomed menjelaskan salah satu program Nasional untuk pencegahan covid-19 yang sementara berlangsung adalah melalui vaksinasi covid-19 yang bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19,
mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat,
melindungi masyarakat dari covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Hadir dalam rapat Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH,  Plh Kajari Tomohon James Pade SH MH, Danramil Tomohon Kapten Inf Juris Sahese. (Robby lumi)

No More Posts Available.

No more pages to load.