Sistim Absen Wajah, Diskominfo Akan Usul ke Walikota Pertegas E-Kinerja

oleh
Plt Diskominfo Manado Franky Mocodompis menjelaskan cara kerja layar absen wajah yang sudah beroperasi

Manadotempo, Manado-Absensi wajah, dipastikan akan menghilangkan aksi akal-akalan Aparatur Sipil Negara (ASN) nakal.

Artinya, jika selama ini proses absensi bagi ASN dilakukan menggunakan finger print, cara itu akan diubah.

Adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado kini sudah menjadi pelopor sistim absen wajah di lingkup Pemkot Manado.

“Diskominfo Manado sudah terapkan presensi bagi ASN dengan absensi wajah. Tentunya tampak lebih modern, lebih efektif tapi tujuan utama disiplin ASN termasuk tenaga kontrak bisa diukur,” terang Plt Sekretaris Diskominfo Manado, Franky Mocodompis, Selasa (29/03/2021).

Lebih jauh dijelaskan mantan Kabag Humas Protokoler Manado ini, perilaku kinerja ASN akan tergambar dengan kehadiran melalui absen wajah tersebut.

“Inovasi ini merupakan bagian dari e-Kinerja sesuai rekomendasi Badan Kepegawaian dan petunjuk Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat serta Kepala Diskominfo Erwin Kontu,” terangnya.

“Penerapan saat ini juga menjadi bagian mendukung protokol kesehatan Covid-19. Karena setiap pegawai di Diskominfo tidak perlu lagi bertanda tangan atau sidik jari, tinggal menunjukkan wajah ke kamera dan sistem secara otomatis, dengan begitu akan mencatat kehadiran pegawai. Sedangkan ASN yang sedang Work From Home (WFH) ada aplikasi yang bisa diinstal di ponsel mereka. Jadi bagi ASN yang piket dan WFH kehadiran mereka bisa lebih dikontrol dengan sistem ini,” urai Mocodompis sembari menambahkan, sistim ini baru di uji coba mulai tanggal 1 April di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Nanti selesai uji coba kami akan ajukan ke pimpinan (Wali Kota G.S Vicky Lumentut) apakah bisa diterapkan ke seluruh perangkat daerah, kalau bisa kan ini bisa jadi salah prestasi dari pak wali. Apalagi memang murni dikerjakan oleh ASN dan THL Diskominfo Kota Manado,” kuncinya. (redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.