Kunjungi Minahasa, KPK Gelar FGD Pemulihan dan Penertiban Aset Terkait Danau Tondano

oleh

Manado Tempo Minahasa – Di Hadiri Bupati Kabupaten Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati, Dr. (HC) Robby Dondokambey, MM (ROR-RD) Focus Group Discussion (FGD) Pemulihan dan Penertiban Aset Danau Tondano digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bertempat di Aula Benteng Moraya, Tondano., Selasa (15/06/2021).

Kegiatan FGD tersebut diawali dengan sambutan Bupati Royke Roring sekaligus memaparkan kondisi Danau Tondano sebagaimana data deografi keberadaan danau tondano .

Dalam kesempatan ini Bupati ROR mengatakan bahwa Danau Tondano merupakan sumber tumpuan hidup bagi rakyat Sulawesi Utara karena merupakan sumber air, sumber listrik, mengairi persawahan, sumber perikanan, destinasi pariwisata yang menjanjikan. Selain itu beliau juga menjelaskan upaya penyelamatan Danau Tondano dengan fokus target untuk pembersihan eceng gondok yang dilakukan bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten juga bersama seluruh maayarakat termasuk organisasi keagamaan dan kemasyarakatan.

“Karenanya kami memohon arahan dan fasilitasi dari KPK RI terutama terkait penyelamatan dan penertiban aset,” kata Bupati ROR.

Kepala Satuan Tugas Wilayah IV KPK RI, Wahyudi menyampaikan bahwa saat ini KPK ber fokus kepada kerugian keuangan negara karenanya mereka mulai mengintervensi atau melakukan pendampingan terkait dengan aset-aset berupa danau. Dijelaskannya ada tiga hal yang menjadi concern KPK terkait aset yakni pencatatan dan penguasaan aset, potensi hilangnya aset tersebut serta potensi pendapatan negara yang tidak masuk ke kas pemerintah serta potensi sengketa hukum.

Kegiatan FGD tersebut dihadiri Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Ir. Bastari, M.Eng, Sekda, Frits Muntu, S.Sos, Asisten II, Ir. Wenny Talumewo, Kepala OPD dan Camat di seputaran Danau Tondano, Kepala Kantor BPN/ATR Minahasa, Alex Wowiling, Kabag Prokopim, Johnny Tendean, AP, MAP dan Kabag Umum, Lona Wattie, SSTP serta dari Ditjen Kekayaan Negara.(syaifudin)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.