Pandeirot Buka Kegiatan sosialisasi KemenkesRI

oleh -6 Dilihat
oleh

Manadotempo Tomohon

 

Kementerian Sosial RI kerjasama dengan Dinas Sosial Daerah Kota Tomohon menggelar kegiatan Sosialisasi persiapan pembentukan Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) Kota Tomohon Tahun 2021.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Kelurahan Kakaskasen dua Tomohon Utara, selasa (15/6/2021).

 

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Toar Pandeirot SPd MM saat membuka kegiatan mengatakan bahwa terkait dengan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang partisipatif dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta lembaga kesejahteraan sosial, maka Kementerian Sosial telah mengembangkan Puskesos dan SLRT yang merupakan layanan satu pintu penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang didukung dengan aplikasi yang real time berbasis android dan web sehingga layanan dapat dilaksanakan secara cepat, tepat sasaran dan responsif.

 

“Puskesos – SLRT menjadi garda terdepan dalam pelayanan sosial kepada masyarakat, termasuk di masa pandemi covid-19. Sebagaimana diatur dalam Permensos Nomor 15 tahun 2018”,tutur Pandeiroth.

Dijelaskannya Kota Tomohon adalah salah satu Kota di Indonesia yang ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan Puskesos – SLRT tahun 2021.

 

Tahap pertama dari 140 Kabupaten Kota yang ditetapkan dengan alokasi Kelurahan sebanyak 2 Kelurahan yaitu Kelurahan Kakaskasen dua Kecamatan Tomohon utara dan Kelurahan Lansot Kecamatan Tomohon Selatan.

 

Ditambahkan Pandeiroth, Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Sosial akan senantiasa bersinergi dengan Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kementerian Sosial RI dalam mengadakan sosialisasi persiapan pembentukan Puskesos – SLRT Kota Tomohon.

 

Diakhir sambutan, Pandeiroth berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memahami dan merumuskan langkah-langkah terbangunnya SLRT dan Puskesos di Kota Tomohon secara baik,

sehingga Kota Tomohon bisa dijadikan sebagai contoh untuk Kota yang lainnya dan memastikan bahwa masyarakat miskin maupun rentan miskin mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial yang lebih cepat dan menyeluruh.

 

Sebelumnya Kadis Sosial Daerah Kota Tomohon Vonnie Montolalu SPd menjelaskan, maksud tujuan kegiatan diantaranya meningkatkan kompetensi bagi para peserta agar dapat memahami dan mampu menjalankan aplikasi Puskesos – SLRT dengan baik, serta untuk peningkatan kapasitas agar pelayanan sosial dapat terlaksana secara sinergitas antar lingkup SKPD.

Narasumber dalam kegiatan, perwakilan Dirjen Kementerian Sosial Puji Dwianto M SE, bersama Muhamad Kahfi.

 

Untuk peserta kegiatan dari unsur Dinas Sosial, Puskesos Kelurahan Kakaskasen dua dan Kelurahan Lansot, petugas Front office dan back office Kota Tomohon, serta para perwakilan Perangkat Daerah terkait. (oby)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.