Kapolres Dan Forkopimda Dampingi ROR-RD Serahkan 34 Hewan Kurban

oleh

Manado Tempo Minahasa–

Sambut perayaan hari raya Idhul Adha 1442 Hijriyah, Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa DR. Robby Dondokambey SSi MM bersama Forkopimda Minahasa, Seperti biasanya menyerahkan 34 ekor sapi kurban untuk 34 mesjid di Minahasa, secara simbolis kepada penerima, di halaman Kantor Bupati Tondano, Senin (19/7/2021).

Hadir meyerahkan hewan qurban, Ketua DPRD Glady Kandouw, SE Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa,SIK, Dandim 1302 Letkol Andi Sinaga, Kejari Rakhmat Budiman Taufani, SH, MKn, Sekda Frits Muntu,S.Sos.

Bupati Roring menyampaikan atas nama Pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Minahasa, serta atas nama pribadi dan keluarga Roring-Lumanauw beserta Wakil Bupati Minahasa bapak Dr Robby Dondokambey, S.si bersama keluarga Dondokambey-Lengkong, menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021, kepada segenap umat muslim di daerah minahasa tercinta ini.

Meskipun peringatan perayaan Idul Adha dua tahun belakangan ini sangatlah berbeda dikarenakan pandemi covid 19, sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan masih dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan, termasuk penyerahan hewan qurban yang biasanya dilakukan di masing-masing masjid karena situasi covid 19 yang makin meningkat saat ini, sehingga tidak memungkinkan dilakukan di masing-masing masjid.

“Penyerahan hewan qurban saat ini merupakan wujud dari rasa solidaritas dan kewajiban dari pemerintah Kabupaten Minahasa antar sesama umat muslim khususnya, serta rasa kesetiakawanan nasional pada umumnya. sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah swt kepada kita, maka diwajibkan bagi umat muslim yang merasa mampu untuk melaksanakan ibadah qurban’” Ujar Bupati.

Banyak hikmah yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha seperti ini, disamping untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama umat muslim, kita juga telah ikut membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu pada hari raya hewan qurban tersebut, dengan jalan memberikan rizki kita berupa daging hewan yang kita qurbankan untuk dinikmati.

“Idul Adha bermakna keteladanan ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang ibrahim pada titah sang pencipta,” jelasnya

Ditambahkannya, bahwa akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan kabupaten minahasa tercinta ini.  setidaknya segenap pelaku pembangunan di kabupaten minahasa ini masih dituntut untuk mengorbankan egoisme dan ego-centrisme pribadi, maupun kelompok dengan hidup patuh yang salah satunya tercermin dalam kepatuhan kita kepada : norma –norma, hukum dan peraturan – perundangan yang berlaku.

Sebagai warga minahasa yang terus berupaya membangun guna mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya, tentu kita dituntut berbagai pengorbanan demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas. kita dituntut tenaga dan pemikiran untuk mencapai pembangunan yang lebih berhasil mewujudkan minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera, semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan untuk hidup patuh dan taat menurut ajaran allah sebagaimana dicontohkan para nabi dan rasul.

“Mari kita jaga rasa persaudaraan dan kerukunan di tanah minahasa, karena torang samua basudara-torang samua ciptaan tuhan. Saya mengajak umat muslim di daerah ini, untuk senantiasa bersama-sama pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19 melalui edukasi, sosialisasi terhadap penerapan 5(lima) m dan mensukseskan program vaksinasi pemerintah kabupaten minahasa,” tutup Bupati

Dalam penyerahan ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Olly dondokambey sebagai Gubernur dan Steven Kandouw sebagai Wakil Gubernur memberikan hewan qurban sebanyak 12 ekor sapi, Pemkab Minahasa 14 ekor sapi, bank Sulut-Go, Bank BNI dan Bank BRI. (Syaifudin)

No More Posts Available.

No more pages to load.