Pemkot Tomohon Gelar Latsar CPNS Golongan III dan II

oleh -34 Dilihat
oleh

Tomohon, Manado Tempo – Pemerintah Kota Tomohon Bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III dan II dilaksanakan secara virtual dari Command Center Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon. Rabu, (21/7) 2021.

 

Penyelenggaran Latsar di Kota Tomohon selama 51 hari kerja, diikuti oleh 21 peserta dan dilaksanakan secara virtual dengan perincian 18 hari pembelajaran, 30 hari habituasi dan 3 hari evaluasi.

Dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara Drs. Marhaen Royke Tumiwa, M.Pd.

Walikota Tomohon dalam sambutannya yang dibacakan secara virtual oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si. mengatakan, seperti yang diamanatkan dalam undang – undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, dengan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil merupakan syarat wajib dalam pengangkatan calon pegawai negeri sipil untuk menjadi pegawai negeri sipil adalah menjalani masa prajabatan selama 1 tahun, yang didalamnya diisi dengan kegiatan pelatihan dasar atau disingkat Latsar.

“Pegawai negeri sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN) memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.” jelas Ringkuangan.

“Oleh karena itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan dasar (Latsar) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.” lanjut Ringkuangan.

Ringkuangan juga mengatakan, Saudara dinyatakan diterima sebagai cpns golongan III dan golongan II pada formasi kota tomohon tahun 2020 berjumlah 21 orang tenaga teknis, dengan rincian golongan iii berjumlah 19 orang, golongan ii berjumlah 2 orang setelah melalui suatu proses seleksi yang begitu rumit dan panjang dari ribuan peserta yang mendaftar dari seluruh pelosok nusantara, oleh sebab itu proses ini harus saudara jalani dengan baik dan tekun, sebagai bagian dari pendidikan formal, pembentukan karakter untuk berkarier dalam dunia birokrasi pemerintahan. mengikuti pelatihan dasar haruslah dipandang sebagai proses awal kalian memberdayakan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) maupun potensi diri sendiri, sehingga nantinya kalian siap menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang profesional dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas.

“Saya memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan dasar yang diselenggarakan oleh badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia daerah kota tomohon bekerjasama dengan badan pengembangan sumber daya manusia daerah provinsi sulawesi utara. dari pengalaman kerjasama dan kemitraan yang telah dilaksanakan selama ini, telah terjalin hubungan yang baik sehingga beberapa kegiatan diklat bisa berjalan dan berhasil dengan baik. semoga hubungan baik ini akan senantiasa terjaga dalam pelaksanaan kegiatan kediklatan di waktu yang akan datang. selanjutnya pemerintah kota tomohon tetap konsisten dalam memperhatikan pengembangan SDM aparatur sipil negara. bentuk perhatian ini diberikan melalui kesempatan kepada aparatur sipil negara kota tomohon mengikuti pengembangan kompetensi teknis, maupun manajerial untuk meningkatkan kapasitas aparatur yang ditempatkan di setiap perangkat daerah.” jelas Jemmy Ringkuangan.

Hadir secara langsung di Command Center Asisten Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P., Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon Josias Makalew, S.Pt.

No More Posts Available.

No more pages to load.