Capil Manado Tambah 2 Set Alat Rekam KTP Elektronik

oleh

Manado Tempo, Tikala-Sekira 500 juta rupiah bersumber dari APBD perubahan 2021, pengadaan alat rekam EKTP.

Mengingat, alat rekam yang ada saat ini di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Manado sudah ada sejak tahun 2011 dan tidak pernah diganti baru atau tambahan alat rekam tersebut.

“Iya alat yang ada sejak 2011, dan perlu ada alat pengganti yang baru. Untuk memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan bagi warga Manado dan sekitarnya,” ungkap Kadisdukcapil Manado Julises Oehlers SH, Selasa (26/09/2021).

Oehlers menyebutkan, 2 set alat rekam EKTP bisa terealisasi ketika sidak Walikota Manado ke kantor capil manado beberapa waktu lalu. Kesempatan tersebut, kondisi pelayanan kemasyarakat yang sebenarnya diketahui oleh Walikota dan langsung menegaskan agar, Kadis Capil tambah alat perekaman 2 unit set.

“Bapak Walikota sidak dan lihat alat perekaman memang sudah layak diganti meski memang masih berfungsi. Namun untuk percepat dan maksimalkan pelayanan ke masyarakat, Walikota berharap tambah alat perekaman dan langsung direalisasikan di APBD Perubahan 2021 sebanyak 2 set,” ungkap Oehlers.

Disentil, tahun sebelumnya kenapa tidak melakukan pengusulan pengadaan alat rekam ektp, Oehlers menegaskan, sudah dilakukan.

WARGA DIHIMBAU

Dalam pelayanan Disdukcapil Manado soal administrasi kependudukan, Oehlers menghimbau agar warga yang sudah melakukan perekaman ektp namun belum mengambil fisik ektp agar bisa datang ke kantor Disdukcapil Manado setiap jam dan hari kerja.

Pasalnya, masih ada puluhan hingga ratusan fisik ektp yang dicetak tapi belum diambil yang bersangkutan.

Diceritakan Oehlers, pengalaman sering terjadi ketika warga datang menanyakan fisik e-KTP. “Padahal ketika dilakukan perekaman sudah diproses cetak fisik ektp, dan tanggal cetak tertera di fisik ektp. Artinya kalau ada warga yang datang menanyakan ktpnya pasti sudah ada, tinggal ambil,” kata mantan Kabag Hukum Pemkot Manado ini.

“Jika memang ada warga yang belum mengambil ktpnya, Disdukcapil Manado langsung bekerjasama dengan kepala lingkungan agar mereka yang bisa membantu serahkan ktp ke warga pemilik ktp,” tandasnya. (inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.