Rapat Paripurna RPJMD, Wabup Dondokambey Apresiasi DPRD Minahasa

oleh -28 Dilihat
oleh

Manado Tempo Minahasa- Wakil Bupati Minahasa (DR) HC .Roby Dondokambey SSi menghadiri rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Akhir Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, di ruang Sidang Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Rabu (03/10/2021).

Wakil Bupati Robby Dondokambey mewakili Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring MSi mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa, karena telah berkenan mengagendakan rapat Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan RPJMD tahun 2018-2023.

“Hal ini sebagai amanat peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 pasal 69 ayat 1 yang menyatakan bahwa kepala daerah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD Kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah terhadap rancangan peraturan Daerah,” Kata Wabup.

Di Tambahkan Wabup RD, Perubahan RPJMD dilakukan karena kebijakan nasional yaitu ditetapkannya peraturan presiden no 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menegah nasional tahun 2020-2024 serta dampak dari Covid-19 serta management termasuk proyeksi keuangan daerah perlu disesuaikan.Ini disebabkan antara lain karena pendapatan yang mengalami penurunan yaitu Pendapatan Asli daerah dan dana tranfer daerah yang terdiri dari dana bagi hasil,dana alokasi umum dan dana alokasi khusus dana insentif daerah dan dana desa sehingga mempengaruh proyeksi keuangan daerah tahun 2022 dan tahun 2023 serta memproyeksikan kembali indikator ekomomi mikro,” ujarnya.

“Rapat pembahasan ini merupakan agenda strategis untuk memperkaya dokument perubahan RPJMD sekaligus menyepakati rancangan perda perubahan RPJMD dalam bentuk persetujuan bersama DPRD,” tambahnya.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Glady Patria Kandouw SE, didampingi Wakil Ketua Deny Kalangi dan Okstesi Pricilia Runtu SH MSi, juga di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Frits R Muntu SSos, Kapolres Minahasa yang di Wakili Waka Polres Kompol Adi Edwin Hariawang , Kajari Minahasa Dcky Oktavia SH MH,Mewakili Dandim Pasi Ops Kodim 1302 Minahasa Lettu Inf, Franky Kolibu, Asisten ll Ir.Weny Talumewo MSi , Asisten lll Kabupaten Minahasa Dr.Vicky Tanor SPi ,MSi serta para Anggota DPRD Kabupaten Minahasa yang berjumlah 32 Orang.

Glady Kandouw dalam sambutannya saat membuka rapat ini mengatakan, pihaknya sangat bersyukur Kabupaten Minahasa bisa melewati masa Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level tiga menjadi level dua.

Atas nama DPRD Minahasa sangat bersyukur dan mengaprsiasi akan Pemerintah Kabupaten Minahasa yang berhasil menekan penyebaran COVID-19 adapun untuk PPKM sudah mengalami penurunan dari PPKM level tiga menjadi PPKM level dua,namun kita harus terus waspada,disiplin dan patuh terhadap penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dalam sidang paripurna tersebut Kandouw berharap Pemkab Minahasa dapat memberikan perhatian khusus bagi Atlit Minahasa yang berhasil meraih medali di PON XX Papua beberapa waktu lalu, begitupun dengan predikat Nyong Sulut dan Wakil Ketua Noni Sulut perutusan Kabupaten Minahasa yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten Minahasa.

“Selamat dan sukses bagi para atlit yang sudah mengharumkan nama Minahasa lewat prestasi di PON XX Papua. Kiranya lewat raihan prestasi putra putri terbaik Minahasa, ini akan memberikan motifasi bagi generasi muda yang lain untuk terus berprestasi, serta memajukan olahraga di Minahasa. Kami berharap pemerintah memberikan perhatian dan memberikan bonus bagi mereka, juga bagi Waraney dan Wulan yangyang mengharumkan Minahasa diajang Pemilihan Nyong dan Noni Sulut,” tegasnya.

Dalam Rapat Paripurna itu dibacakan juga pandangan setiap fraksi terkait Rancangan Akhir Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.

Rapat Paripurna yang diawali pembacaan surat masuk oleh Kepala Bagian Persidangan dan Risala Risky Laloan mewakili Sekretaris DPRD Dolfi Kuron ini, turut dihadiri Asisten III Setdakab Minahasa Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi, Asisten III Wenny Talumewo MSi, Forkopimda Minahasa, serta Kepala Dinas dan Badan di lingkup Pemkab Minahasa.(Syaifudin)

No More Posts Available.

No more pages to load.