Awal Desember, Serapan Anggaran Mendekati 80 Persen

oleh

Manado Tempo, MINSEL-Komitmen pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam merealisasi berbagai program kerja, patut diapresiasi.

Terbukti meski baru memasuki awal bulan Desember 2021, namun penyerapan anggaran sudah mendekati angka 80 persen dari total anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Berdasarkan data di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), tercatat hingga 14 Desember 2021, realisasi atau serapan anggaran sudah mencapai 76,98 persen atau setara Rp 734 miliar dari total anggaran Rp 954 miliar.

Kepala BPKAD Minsel James Tombokan menjelaskan capaian realisasi atau serapan anggaran dalam jumlah tersebut, sudah mencakup semua item belanja, baik belanja modal maupun belanja operasional.

“Untuk belanja modal, sudah terealisasi sebesar Rp 42 miliar dari total anggaran Rp 87 miliar. Sementara untuk belanja operasional Rp 512 miliar dari total Rp 649 miliar,” jelas Tombokan.

Mantan Asisten 3 Sekdakab Minsel ini berharap deadline yang diberikan hingga Rabu (15/12) besok, dapat dimaksimalkan oleh SKPD dalam memasukkan berkas permintaan anggaran tepat waktu. “Jika sampai besok (Rabu, 15/12) semua SKPD sudah memasukkan permintaan anggaran, maka kami optimis akhir Desember 2021 realisasi anggaran bisa capai seperti harapan,” ungkap Tombokan.

Dari pantauan awak media ini di BPKAD, terlihat suasana sangat ramai. Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai SKPD, terlihat masuk keluar dengan membawa berkas yang dibutuhkan untuk proses pencarian.(AP)

No More Posts Available.

No more pages to load.