DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Memperingati  HUT Ke-58 Provinsi Sulawesi Utara

oleh
Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Provinsi Suput ke-58 tahun.

 

Manado Tempo – Memperingati HUT Propinsi Sulawesi Utara yang ke -58 tahun maka DPRD Sulut menggelar rapat paripurna, Jumat (23/09/2022) diruang rapat paripurna DPRD Sulut.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sulut dr.Fransiskus Andi Silangan, S.pB.KBD juga didampingi wakil ketua Dr.Viktor Mailangkai, SH.MH dan James Arthur Kojongian, ST.MT, juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI, Drs. Teten Masduki, gubernur, Olly Dondokambey, SE dan Wakil gubernur, Drs.Steven O.E Kandow.

Acara diawali dengan tarian penyambutan Kabela dari BolaangMogondow.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sulut dr.Fransiskus Andi Silangen menyatakan, bentangan sejarah berdirinya Provinsi Sulawesi Utara sebagai bagian integral dari NKRI sebagian besarnya meninggalkan cerita indah tentang peran strategis anak bangsa dari daerah sulawesi utara sejak bumi nusantara berdiri sebagai sebuah negara bangsa. Tak terbantahkan andil besar dr. G. S. S. J. Sam Ratulangi, Mr. A. A. Maramis, Arnold Mononutu, dan sejumlah anak negeri minahasa, sangihe, dan bolaang mongondow yang silih berganti mengisi panggung pengabdian bagi kejayaan negara kesatuan republik indonesia tercinta.

Lepas dari berbagai persepsi berkenaan dengan fakta sejarah permesta atau perjuangan rakyat semesta yang digagas oleh tokoh-tokoh Minahasa dengan semangat nasionalismenya yang tinggi, kita semua tidak dapat memungkiri bahwa perjuangan rakyat sulawesi termasuk didalamnya rakyat sulawesi utara, yang intinya mendorong pemerintah supaya memperhatikan pembangunan negeri secara menyeluruh.

“Peran leluhur kita inilah yang kiranya akan menginspirasi dan memotivasi pemerintah dan segenap komponen masyarakat Sulawesi Utara untuk melanjutkan karya pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dari Miangas sampai Tontulow Pinagoluman,”jelas FAS.

Tambahnya Perjalanan panjang daerah Sulawesi Utara hingga tiba diusia ke-58 tahun, dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan tentulah tidak lepas dari beragam upaya dan kerja keras pemimpin-pemimpin daerah, termasuk didalamnya gubernur sulawesi utara Olly Dondokambey, SE dan wakil gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw yang terus menggerakan semua sektor pembangunan, sehingga kerja tulus ini diapresiasi oleh berbagai pihak termasuk oleh pemerintah pusat diantaranya, dengan diterimanya sejumlah penghargaan disepanjang tahun 2022 antara lain:
• Penghargaan kementerian pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik indonesia terkait tata kelola dalam pelaksanaan reformasi birokrasi;
• Penghargaan sebagai mitra pers dari persatuan wartawan indonesia (pwi) pusat;
• Penghargaan kementerian perhubungan republik indonesia, sebagai pemenang dalam kategori pemerintah daerah sebagai inisiator pemodelan jaringan trayek perintis terbaik dalam perintis awards 2022;

Berbagai penghargaan yang diterima ini, berimplikasi pada pencapaian-pencapaian di berbagai sektor. Diantaranya pada sektor perekonomian, Provinsi Sulawesi Utara melalui BPS mencatatkan pertumbuhan ekonomi dengan progress yang baik, tumbuh diangka 5,93% secara year on year atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada angka 5,44% di triwulan II tahun 2022.

Kinerja pemerintah daerah yang luar biasa ini tentulah menginspirasi DPRD berkarya . Berkenaan dengan fungsi pembentukan perda, dalam tahun 2022 ini, DPRD bersama pemerintah daerah berada dalam tahap akhir pembahasan 5 Perda , seiring dengan itu telah pula ditetapkan 15 keputusan DPRD dan 2 (dua) nota kesepakatan bersama.

Terkait dengan fungsi anggaran, telah diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama dengan pemerintah daerah, yakni penetapan ranperda tentang perubahan apbd tahun anggaran 2022 dan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan apbd tahun anggaran 2021.

Sementara fungsi pengawasan, DPRD telah melakukan 51 kali rapat dengar pendapat dan rapat-rapat lainnya, menerima 12 aspirasi, baik aspirasi secara langsung maupun aspirasi secara tertulis.

Pada sisi lain DPRD juga menerima 75 kunjungan kerja dari pimpinan dan anggota dprd baik dari luar daerah maupun dari kabupaten/kota se-provinsi sulawesi utara.

Aplikasi e-aspirasi diyakini akan makin meningkatkan kinerja, kapasitas dan tanggungjawab dprd dalam menindaklanjuti setiap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.
” sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat, kami berkomitmen mendukung pemerintah daerah mengantar sulut yang ”bangkit bersama, sejahtera bersama” sebagaimana tema peringatan hut ke-58 provinsi Sulawesi Utara. Dalam kaitan dengan hal tersebut maka dprd akan konsisten mengawal sejumlah program dan kegiatan pemerintah daerah, sambil terus mengoptimalkan kinerja DPRD” tutur legiator PDIP ini.

“Namun di atas beragam upaya ini, saya dan pimpinan serta anggota DPRD sungguh menyadari bahwa eksistensi sebagai wakil rakyat adalah kepercayaan dan anugerah tuhan. Kami sungguh menyadari beratnya beban yang harus kami pikul. Saya dan tentu kita semua berkeyakinan bahwa, bila kita bekerja dengan mengandalkan Tuhan, maka tangan Tuhan akan menolong, sebagaimana janji firmannya,”ungkapnya.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan tema HUT Provinsi kita tahun ini juga linier dengan tema Presidensi G20 Tahun 2022, yaitu: “Recover Together, Recover Stronger” yang merupakan sebuah ajakan kepada masyarakat dunia
untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk
pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan
berkelanjutan. Disamping itu, sinkron dengan tema HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Tambah Gubernur hambatan-hambatan ataupun potensi tantangan yang hadir, kiranya tidak mengurangi optimisme kita untuk bangkit bersama.
“Oleh karena itu, mari kita jadikan momentum HUT ke-58 ini, untuk bangkit bersama, untuk kedepan kita menggapai target￾target makro. Menjadi saksi selesainya pembangunan
dan pengembangan KEK Industri Bitung; KEK
Pariwisata Likupang; Waduk Kuwil, Waduk Lolak,
Manado Marina Bay; Manado Outer Ring Road III;
Bandara Pihise Sitaro; Bandara Loloda Mokoagow Bolmong, serta memberi kontribusi terhadap rencana -rencana pembangunan kedepan. Disamping itu, menopang program-program nasional,”ajak Gubernur.

Dalam kesempatan ini Ketua DPRD juga menyampaikan sejumlah prestasi yang diraih diberbagai bidang terlebih khusus yang Viral secara nasional yakni Miss Indonesia 2022 yang juga hadir dan mengikuti Paripurna.

Sebagai bentuk Komitmen keberpihakan pemerintah terlebih khusus dibidang Koperasi dan UKM Menteri koperasi menyalurkan bantuan serta berbagai ijin usaha kepada perwakilan pelaku UKM do daerah ini.

Dekorasi dan tampilan budaya yang mengawinkan Budaya Modern dan tradisional namapak jelas terlihat terlebih bersembahan tarian Maengket dari Minahasa dan Masamper dari Nusa Utara.

Hadir dalam Paripurna ini, Menteri Koperasi dan UKM RI, Drs. Teten Masduki bersama ibu dan jajaran; – Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, bersama ketua tim penggerak PKK Prov. Sulut, Ibu Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan; Wakil gubernur Drs. Steven o. E. Kandouw, bersama sekretaris tim penggerak PKK. Pov. Sulut, ibu dr. Kartika Devi Kandouw-
Tanos, MARS. Anggota DPR dan DPD RI daerah pemilihan Sulawesi Utara; para mantan gubernur dan wakil gubernur sulawesi utara bersama isteri, isteri-isteri mantan gubernur dan wakil gubernur, serta perwakilan keluarga; konsulat jenderal Philipina di Manado; Forkopimda , Pj. Sekretaris daerah provinsi Sulawesi Utara, bersama ketua dharma wanita persatuan provinsi sulawesi utara; Sekretaris DPRD Sulut, Pejabat pimpinan tinggi madya kementerian RI asal sulawesi utara; Perwira tinggi polisi dan TNI asal sulawesi utara; Konsul kehormatan Latvia dan Albania di indonesia; Anggota Bawaslu RI, bupati/walikota, para wakil bupati/wakil walikota, sekretaris daerah, serta ketua DPRD se-provinsi sulawesi utara; Para rektor perguruan tinggi negeri; pejabat eselon II di jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Utara; pimpinan intansi vertikal, pimpinan perbankan, bumn/bumd, dan upt pusat; Pemuka agama, pemuka adat dan tokoh masyarakat.
(ADVETORIAL)

No More Posts Available.

No more pages to load.