drg. Jeand’arc Senduk Karundeng kukuhkan kelompok Tani Hutan Lokon Wahawu  Pembudidaya Lebah Trigona Biroy

oleh -13 Dilihat

Manadotempo Tomohon.

Ketua Tim Pengerak PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk Karundeng secara resmi mengukuhkan kelompok Tani Hutan Lokon Mahawu yang terletak di perkebunan limbaan Kelurahan kakaskasen dua kecamaran Tomohon Utara pada Kamis (6/10).

Karundeng menyampaikan banyak selamat kepada kelompok tani hutan Lokon Mahawu yang suda terbentuk dan kiranya kelompok ini bisa membudidayakan madu Lebah trigona biroy ini.

” kami pemerintah berharap kiranya pembudidayaan Lebah madu trigona biroy ini daapt berkembang agar kota tomohon menjadi salah satu pemasok madu lebah trigona biroy di sulawesi utara, juga menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah kelurahan kakaskasen dua yang suda menfasilitasi kelompok ini” kata karundeng.

Lurah Kakaskasen dua Meidi Jefry Simboh SH saat di membawakan sambutan mengatakan, kelompok Tani Hutan ini akan membudidayakan lebah jenis Trigona Biroi lantaran, selain madu lebih bagus, pembudidayaannya bisa di laksanakan di perkotaan karena lebah ini bukan tergolong lebah yang menyengat, juga selain pembudidayaan Lebah nantinya kelompok ini akan mengembangkan budidaya Jamur dan ikan air tawar.

” Hasil kerja sama dengan BKSDA propinsi Sulut kami akan membudidayakan Lebah tersebut, karena dari hasil survey yang kami kelompok lakukan di dua gunung yang ada di Tomohon yakni Gunung Lokon dan mahawu sangat banyak makanan dari lebah tersebut, makanya kami akan membudidayakan lebah ini, juga lebah ini bukan tergolong lebah yang menyengat sehingga dapat di budidayakan di perkotaan” Ujar Simboh.

Mewakili kepala BKSDA Sulut ibu  novita Tandi S.Hut mengatakan Ini adalah salah satu kelurahan percontohan untuk pembudidayaan lebah dan menjadikan kakaskasen dua menjadi kelompok binaan. Dan ini kelompok merupakan kelompok proaktif dalam mengembangkan budidaya.

” kelompok ini merupakan kelompok binaan dari BKSDA Sulut, dan kelurahan kakaskasen dua ini meruapkan kelurahan penyangga cagar alam gunung lokon dan ini kelompok yang merupakan kelompok prioritas” kata novita

Lebah Trigona memiliki banyak keunggulan, antara lain yaitu memiliki asam organik, zat fitokimia dan asam glukonat yang lebih banyak dibandingkan madu lebah apis pada umumnya sehingga dipercaya lebih berkhasiat.

Selain itu, lebah jenis ini menghasilkan propolis dan pollen dengan jumlah yang jauh lebih besar, Propolis atau lem lebah sendiri adalah zat resin yang dikumpulkan lebah dari sumber tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia sehingga memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Bahkan sarang, pot madu dan pot pollennya adalah raw propolis yang memiliki harga cukup menjanjikan di pasanrya.

Sedangkan hasil panen dari lebah ini sangat menjanjikan bagi para kelompok Tani Hutan yang membudidayakan nya, dimana hasil panen lebih cepat dan harga jual di pasaran lebih mahal dari madu lainnya.(oby)

No More Posts Available.

No more pages to load.