ROR-RD Hadiri Peringatan Hari Jadi Minahasa ke-594

oleh

MINAHASA-Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, IPU ASEAN Eng. bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. Roring – Lumanauw, SIP dan Wakil Bupati Minahasa Dr. (H.C) Robby Dondokambey, S.Si, MM bersama Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey Lengkong, SE mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Minahasa ke-594 Tahun 2022 di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Sabtu, (5/11/2022).

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Minahasa ke-594 tersebut dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandow, SE didampingi Wakil Ketua Oktesi Runtu SE, M.Si dan Denny Kalangi yang dihadiri Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandow yang dimeriahkan dengan tarian cakalele, tarian maengket, musik kolintang, dan musik bambu khas minahasa.

Ketua DPRD Kabupaten Minahasa saat membuka rapat paripurna mengatakan, Dalam rangka memperingati Hari Jadi Minahasa ke-594 mari kita semua menyambut petikep kehormatan, kebanggaan, keberanian dan ketulusan tou minahasa selama berabad abad.

” I yayat u santi. Segubungan dengan Hari Jadi Minahasa ke-594 ini atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD menyampaikan selamat Hari Jadi Kabupaten Minahasa yang ke-594 tahun 2022 disertai dengan harapan, semoga minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera. Memperingati Hari Jadi Minahasa yang ke-594 ini adalah salah satu cara untuk mensyukuri berkat dan kesempatan yang masih diberikan kepada kita mengabdi kepada masyarakat dan daerah yang sama sama kita cintai,” ucap Glady Kandow Ketua Dewan Minahasa.

Bupati Minahasa saat menyampaikan sambutan mengatakan, Atas berkat dan karunianya, hari ini sabtu 5 november warga minahasa disegala tempat dapat memperingati Hari Jadi Minahasa ke-594 di tanah yang diberkati, tapi juga telah menjadi berkat untuk indonesia dalam lintasan sejarah pejuangan bangsa, tak lengkap bagi Indonesia kalau Minahasa tidak di dalamnya.

” Karena itu, bukan menjadi sebuah keniscayaan bila kita merayakan Hari Jadi Minahasa ini dengan suka cita dan penuh makna, dua tahun sebelumnya perayaan hari ulang tahun hanya dirayakan secara terbatas karena pandemi covid-19 dan di tahun ini sekalipun disadari pandemi covid-19 belum benar-benar stabil, namun dengan kesadaran kita semua melalui pelaksanaan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan maka kegiatan perayaan Hari Jadi Minahasa kali ini dirayakan lebih meriah dan lebih bermakna,” kata Bupati.

Pada titik inilah mari kita perkuat dan apresiasi kembali makna filosofi mapalus untuk mengeratkan perasatuan dan semangat gotong royong guna bersama sama berjuang agar bangsa kita dapat segera terbebas dari pandemi covid-19, bahkan dengan optimis kita merajut berbagai program pembangunan untuk kemaslahatan masyarakat.

”Minahasa yang merayakan Jadi Minahasa ke-594 adalah satu kesatuan masyarakat adat tanah toar lumimuut di jasirah tanah utara pulau sulawesi, jejak tou minahasa yang tergambar 9 sub etnis yang menyatu menjadi minahasa adalah fakata keeratan dan komitmen bahwa tanah yang diberkati ini dibagun dan ditopang oleh kekuatan dari anak anak bangsa yang kuat dan gagah, para Walak, para Tonaas, Wulan dan Waraney di negeri Malesung yang terbagun dari pakasaan pakasaan yaitu, Tonsea, Toulour, Tombulu, Tounsawang, Tountemboan, Pasan, Ponosokan, Bantik Bawean Telu dan Borgo,” ungkap Bupati.

Kabupaten Minahasa adalah sebagian besar sejarah panjang negeri malesung dengan berbagai dinamikanya, diakui merupakan dialektika dari sinergitas segenap stakeholders dalam tahapan sejarah termasuk kepemimpinan daerah karena itu momentum hari berbahagia ini mengingatkan kita akan kerja dan pengorbana dari tou minahasa dari masa kemasa termasuk perang minahasa yang turut memberi warna dalam catatan sejarah dan perjalanan panjang bangsa indonesia.

”Dalam kaitan itulah momentum Hari Jadi Minahasa ini juga oleh majilis kebudayaan minahasa mengagendakan penganugerahan gelar adat kepada para putra putra terbaik minahasa atau berkaitan dengan minahasa, yang telah menunjukan kemampuanya diberbagai bidang dan memberi teladan kepada kita sekarang ini bahkan untuk generasi yang akan datang sekaligus menyatakan bahwa orang minahasa tidak kala kulitasnya dengan ditengah tengah kompetisi global saat ini, selamat atas gelar adat kepada seluruh putra putri terbaik minahasa,” sebut Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Minahasa, secara khusus memaparkan potret perjalanan pemerintahan, baik dari sisi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan terhadap beberapa poin penting sampai pada tahun 2022 ini.

”Saya selaku bupati bersama wakil bupati minahasa menyapikan beberapa poin pencapaian sampai tahun 2022 periode tahun ke empat dari kepemimpinan saya bersama wakil bupati, pemerintah kabupaten minahasa pada tahun 2022 ini telah sukses menyelenggaran pemilihan Hukum Tua di 98 desa di 22 kecamatan, bersyukur dengan dukungan pemerintah provinsi sulawesi utara, DPRD, Forkopimda dan seluruh pihak maka pemilihan Hukum Tua dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar dan inilah demokrasi yang sudah turun temurun yang ada di Minahasa,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati, untuk meningkatkan capaian pendidikan, telah dibagun dan direhabilitasi ruang sekolah dibarengi dengan peningakatan kompetisi guru pengajar termasuk guru penggerak, disamping itu dibidang olah raga para atlit kita tetap menunjukan prestasi ditingkat daerah, provinsi, nasional maupun tingkat internasional. Infrastruktur dan fasilitas penunjang di sektor kesehatan dioptimalkan baik kualitas maupun kuantitas, Rumah Sakit Umum DR. Samrat Tulangi Tondano saat ini sementara dalam proses pembangunan di lokasi yang baru, yang dihibakan Wakil Guburnur Sulawesi Utara, Bapak Steven Kandow dan keluarga yang saat ini pembangunannya mencapai 62%. Untuk pengembangan pariwisata pemerintah kabupaten minahasa kembali bersama sama dengan pemerintah provinsi dan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif telah melaksanakan Festival Danau Tondano 2022 dengan berbagai kegiatan yang ada.

”Disadari selain pencapaian kinerja yang telah optimal tersebut disadari pula masih banyak yang perlu ditingkatkan diharmonisasikan bahkan diatangani secara koperhensif namaun bersyukur dinamika optimalisasi kinerja khususnya administrasi keuangan, Minahasa mendapatkan penghargaan terbaik ke tiga dalam pengunaan SIPD di seluruh indonesia,” ungkap Bupati.

Pemerintah dan rakyat kabupaten minahasa sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan pemerintah pusat dan pemerintah provisi sulawesi utara, oleh bapak Gubernur dan Wakil Gubernur bersama Forkopimda Provisi yang tidak putus putusnya menopang berbagai kegiatan di kabupaten minahasa serta dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk pers, bahkan seluruh masyarakat di daerah ini guna meningkatkan pembangunan di kabupaten minahasa,

”Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini dalam sidang paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-594, semoga Tuhan yang Maha Kuasa akan meberkati tanah minahasa yang kita cintai,” ujar Bupati sambil menutup sambutannya.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini minahasa merayakan ulang tahun yang ke-594. kelahiran minahasa itu bagian dari pertemuan para tokoh tokoh, dengan semnagat hari ulang tahun ke 594 ini minahasa menjadi tolak ukur pembangunan yang di provinsi sulawesi utara.

”Mari sama sama kita topang, kita dukung agar persatuan kesatuan mapalus dan gotongroyong tetap menjadi kebersamaan kita semua, sehingga apa yang kita harpkan kedepan berjalan dengan baik dengan mempersiapkan sara prasarana pelayanan masyarakat, mari kita jaga kerukun di Sulawesi Utara dengan baik, sekali lagi atas nama pemerintah provinsi sulawesi utara mengucapkan selamat hari ulang tahun kabupaten minahasa ke 594,” tutup Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE.

Turut hadir, Bupati Minahasa Utara bersama Wakil Bupati Minahasa Utara, Bupati Minahasa Selatan, Walikota Tomohon, Wakil Walikota Manado, Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Anggota DPD RI, Forkopimda Sulawesi Utara, Forkopimda Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.(ADVETORIAL)

No More Posts Available.

No more pages to load.