Tidak Jual 30 Persen Produk Lokal, James Tuuk : Saya Minta Pemerintah Tutup Saja Ritel Alfamart Dan Indomart

oleh -25 Dilihat
oleh
Ir.James Julius Tuuk anggota DPRD Sulut Fraksi PDIP

 

Manado Tempo — Pernyataan tegas di ungkap Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sulut, James Tuuk terkait dengan keberadaan ritel Alfamart dan Indomaret yang dinilai kurang mendukung bahkan tidak mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulut.

Menurut James, keberadaan Alfamart, Indomaret tidak memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi Sulawesi Utara.
“Dalam kujungan kami ke sejumlah gerai, kurang lebih 6 outlet tidak satupun yang menjual produk lokal contoh saja gula aren atau gula batu. Celaka ini,” tegas Tuuk

Menurut politisi yang dikenal kritis ini, alfamart dan indomaret tidak tunduk paPeraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021 pasal 7 yang mengamanatnya wajib menjual 30 persen produk lokal.

“Point pasal 7 itu jelas disampaikan bahwa produk lokal itu dalam negeri paling tidak 30 persen. Nah alfamart dan indomart belum sampe 30 persen disitu.,” tegas Tuuk.

Selain itu kata Tuuk, semua yang di jual dan terjual disetor ke kantor pusatnya yang ada di Jakarta.
“Menurut saya, keberadaan alfamart dan indomart sama sekali secara over all tidak memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di sulut. Kenapa? semua yang dia dijual hari ini laku hari ini, disetor dan disetor ke jakarta,” beber Tuuk

Bahkan ungkap James, dirinya menerima keluhan produk kopi masyarakat lokal ditolak oleh Alfamart dan Indomaret yang ternyata menerapkan metode konsinyasi yang tak mampu dihadapi oleh pelaku UMKM bermodal tipis.

“Misalkan ini barang dititip di Indomaret atau Alfamart harganya Rp1000,- terus torang mo bayar pa ngoni Rp700,- selama tiga bulan, ini UMKM yang modalnya cuma Rp10 juta, mati,” sorot James.

James menekankan, Komisi II DPRD Provinsi Sulut perlu mengundang pihak Alfamart dan Indomaret di Sulut dan diskusikan hal tersebut.

“Alfamart yang tidak menjual 30 persen produk lokal sulut kita minta gubernur untuk ditutup karena tidak ada manfaat secara ekonomi. Nah ini yang perlu kita pikirkan pak kadis. Saya usul kepada ketua komisi kami akan undang mereka, kalau tidak kita minta gerainya kita tutup,”pungkasnya.
(Deasy Holung)

No More Posts Available.

No more pages to load.