Wali Kota Ir. Tatong Bara Buka Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Kota Kotamobagu

oleh -49 Dilihat
oleh

Kotamobagu, ManadoTEMPO-Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap 1 Penyusunan Masterplan Smart City Kota Kotamobagu, yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Senin (3/7).

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Masterplan Smart City atau rencana induk kota cerdas merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan kota cerdas yang memuat inisiatif – inisiatif program beserta peta jalan yang disusun berdasarkan permasalahan yang muncul di daerah.

“Ini untuk memberikan solusi yang secara umum bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, ekonomi masyarakat, meningkatkan keberlangsungan lingkungan hidup dengan pendekatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pemberdayaan potensi daerah serta pendekatan pemberdayaan sumber daya manusia yang berkesinambungan,” ucap Wali Kota.

Masterplan Smart City, lanjut Wali Kota, berperan vital sebagai landasan materi dan panduan pembangunan konsep kota masa kini dan masa depan.

“Dalam konsep ini suatu ide maupun inisiatif yang ada, tidak berdiri sendiri melainkan akan menjadi bagian dari suatu rencana implementasi yang terintegrasi dan komprehensif,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa, pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis tentang Penyusunan Masterplan Smart City yang dilaksanakan hari ini, merupakan tindak lanjut atas penandatanganan Memorandum Of Understanding antara Pemerintah Kota Kotamobagu dengan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, setelah kota kotamobagu terpilih masuk dalam 50 Kabupaten / Kota se – Indonesia dalam program gerakan menuju Smart City Tahun 2023.

“Penilaiannya dilakukan melalui Assessment yang cukup ketat dan komprehensif, mulai dari pengisian kuisioner berbagai indikator Kota Cerdas, penyampaian bahan presentasi pengembangan smart city di daerah, penyiapan dokumen pendukung yang dapat dibuktikan, hingga pada tahap Verifikasi dan Wawancara,” ujarnya.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Wali Kota tersebut, juga dihadiri Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Topan Angker, S.Sos, perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E., para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan Perbankan, Akademisi, Pelaku Usaha, para Camat, Lurah dan Sangadi Se Kota Kotamobagu (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.