Pemkab Minsel Luncurkan Program Ramah Anak

oleh -213 Dilihat
oleh

Minsel, ManadoTEMPO-Generasi muda merupakan pemegang tongkat estafet jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di setiap daerah.

Sehingga sudah selayaknya bagi pemerintah daerah untuk terus memperhatikan tubuh kembang generasi muda sejak usia dini.

Sebagai upaya untuk mewujudkan generasi muda yang sehat dan berkualitas, pemerintah kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (P3A) telah meluncurkan program Ramah Anak.

Demi keberhasilan program tersebut, jajaran dinas P3A Minsel dibawah pimpinan langsung kepala dinas dr Erwin Schouten, dalam beberapa kesempatan melakukan giat turun lapangan dan menyambangi berbagai tempat untuk melakukan sosialisasi dan koordinasi bersama stakeholder lainnya. “Tempat atau lokasi yang kami dikunjungi untuk sosialisasi dan koordinasi antara lain, Puskesmas, sekolah, tempat ibadah dan lain-lain,” ungkap Schouten.

Schouten menjelaskan, khusus program Puskesmas Ramah Anak, terdapat beberapa aspek penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada anak-anak. Antara lain, 1. lingkungan fisik yang ramah anak yakni dengan menyediakan ruang tunggu yang aman dan nyaman. 2. Memastikan petugas medis dan non medis, harus terlatih dan terampil. 3. Pelayanan yang terintegrasi. 4. Komunikasi yang efektif. “Dengan diterapkannya keempat aspek tersebut, bisa dipastikan tingkat kecemasan anak dalam menjalani perawatan, akan berkurang. Demikian pula tubuh kembang anak, akan berjalan baik dan sehat,” jelasnya.(AP/adv).

No More Posts Available.

No more pages to load.