Sosialisasikan Ranperda BRIDA, MJP Libatkan Perguruan Tinggi Dan Masyarakat

oleh -220 Dilihat
oleh

MINUT, Manado Tempo – Untuk mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat secara maksimal, terkait dengan Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Utara, dalam hal ini, Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), maka anggota DPRD Sulut, Kandidat Doktor Melky Jakhin Pangemanan, SIP, MAP, MSi, melaksanakan sosialisasi Ranperda ini kepada Mahasiwa Unsrat di Desa Treman Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (22/07/2023).

Saat membuka Sosialisasi MJP menyatakan DPRD ingin menghasilkan sebuah regulasi atau aturan yang lahir atau diinisiasi oleh masyarakat, apa yang menjadi harapan publik akan dituangkan dalam Ranpeda yang nantinya diramu oleh Bapemperda dan tim yang ada.
” Bagi kami hal ini penting dan mendasar, bagaimana nantinya kehadiran dari BRIDA ini bukan hanya sekedar sebuah pelengkap disamping ada perangkat daerah lainnya seperti Bapelitbang, BPSDM provinsi Sulut, namun bagaimana mengoptimalkan badan ini agar bisa terintegrasi dengan dunia Perguruan Tinggai atau Kampus , akademisi, para teknokrat, ASN dan mereka yang expert dibidangnya, sehingga melahirkan policy atau kebijakan kebijakan yang berimplikasi positif bagi pembagunan daerah, ” ungkap Wakil ketua Bapemperda DPRD Sulut ini.

Seorang mahasiwa yang menyampaikan ide dan gagasan

Tambahnya ada 2 pilihan yang perlu digali yang bisa lahir dari masyarakat dan dunia kampus yakni apakah BRIDA ini hanya bagian dari sebuah perangkat daerah ataukah BRIDA ini bisa berdiri secara otonom dengan aturan yang mengacu pada Perpres 68 tahun 2021 tentang Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).
“Kami DPRD tengah gencar melaksanakan sosialisasi Ranperda BRIDA untuk menampung sebanyak mungkin masukan dan dikaji secara komprehensif dan matang,” jelas Ketua DPW PSI Sulut ini.

Bukan hanya menggelar sosialisasi, namun MJP juga memastikan akan menyebar kuesiononer di PT atau dunia kampus untuk mendapatkan ide ide cemerlang dari kaum intelekual, guna memperkaya Ranperda yang ada.
“Sumbangsi pemikiran, ide dan gagasan masyarakat didalamnya kaum mahasiswa sangat penting. Kajian ilmiah yang didapat akan menjadi bahan masukan untuk DPRD Sulut,” tandas MJP yang juga akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sulut dapil Minut Bitung.
(Deasy Holung )

 

No More Posts Available.

No more pages to load.