MJP Beber 3 Indikator Lembaga DPRD Paling Tidak Dipercaya Publik

oleh -56 Dilihat
oleh
Melky Jakhin Pangemanan, SIP, MAP, MSi, anggota DPRD Sulut

 

Manado Tempo – Legislator DPRD Sulut, Kandidat Doktor Melky Jakhin Pangemanan, SIP, MAP, MSi mengurai secara lugas terkait peranan dan fungsi DPRD, tak terkecuali juga MJP secara rinci menyampaikan bagaimana penilaian publik terhadap lembaga DPRD.

Jelasnya disela sela sosialisasi Ranperda BRIDA di Desa Paniki Baru Kecamatan Talawaan Kab.Minahasa Utara, Jumat (28/07/2023)

Melky Jakhin Pengemanan, SIP, MAP, MSi, anggota DPRD Sulut saat membuka sosialisasi Ranperda

Tegas Ketua DPW PSI Sulut ini, sesuai hasil survey, lembaga dewan adalah lembaga yang paling tidak dipercaya publik.
“Kalau hasil survey, memang lembaga DPRD tidak dipercaya oleh masyarakat. Kalau menurut saya, ada 3 indikator yang pertama karena banyak anggota dewan tersandung kasus korupsi, yang kedua tugas dan kerja dari.wakil rakyat yang minim diketahui masyarakat dan ketiga legislator jarang temui rakyat,” urai MJP.

Menurut Legislator yang dikenal Vokal dan smart ini, ada berbagai hal yang harus dilakukan oleh wakil rakyat untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik.

“Harus laksanakan tupoksi lembaga dewan dengan baik dan benar yakni budgeting.
Menyusun anggaran bersama pemerintah dengan transparan dan akuntabel, kemudian fungsi pengawasan, Mengawasi dengan aktif kerja pemerintah dan implementasi produk hukum daerah serta legislasi. Menyusun dan menetapkan peraturan daerah yang dimana pelibatan masyarakat penting. Untuk lembaga DPRD Sulut periode 2019-2024, sudah menghasilkan tiga Perda inisiatif yakni Perda Fakir Miskin, Perda perlindungan dan pemberdayaan disabilitas serta Perda perlindungan jaminan sosial,”ujar MJP, yang juga legislator Sulut terbaik dua tahun berturut-turut menurut penilaian masyarakat.

Tak itu saja, MJP menyatakan agar wakil rakyat bekerja benar-benar tampil sebagai wakil rakyat yang sesungguhnya.

“Harus sering turun temui masyarakat serta bekerja secara transparan dan pertanggungjawaban kinerja selama menjadi wakil rakyat dan rakyat wajib mengetahui hasil kerja legislator. Hal-hal ini akan membuat lembaga dewan akan mendapat kepercayaan publik,”pungkas MJP, politisi yang selalu melaporkan kerja-kerja politik melalui media sosial itu.

MJP juga dikenal sangat kritis terlebih dalam memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

(Deasy Holung)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.