Cegah Stunting, Felly Runtuwene : Pola ASuh Tepat Dan Jaga Sanitasi Lingkungan Bersih

oleh -132 Dilihat
oleh
Felly Esterlita Runtuwene, SE Ketua Komisi IX DPR RI bersama BBPOM Manado sosialisasi di Desa Makalisung Kec.Kema

 

Manado Tempo – Balai Besar Pengawasan Obat Dan Makanan (BBPOM) Manado bersama Ketua Komisi IX DPR RI Felly Esterlita Runtuwene, SE melakukan edukasi terhadap warga desa yang ada di Makalisung Kec.Kema Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (11/08/2023) dengan tajuk Komunikasi Informasi edukasi obat dan makanan aman .

2 Isu strategis yang di angkat yakni Obat dan Makanan yang aman serta upaya pencegahan stunting.

Ketua Komisi IX Felly Esterlitas Runtuwene, SE, secara lugas memberikan informasi terkait apa itu stunting , apa penyebab dan upaya pencegahan.

Jelas Felly ada kurang lebih 514 Kab/kota yang diintervensi pemerintah terkait dengan persoalan stunting.
” Persoalan stunting adalah hal serius karena menyangkut Sumber Daya Manusia kedepan, bagaimana menciptakam generasi yang unggul dan tangguh,”ungkapnya.

Srikandi Nasdem ini mengingatkan masyarakat bahaya stunting bagi generasi masa depan .
“Stunting adalah tanda gagal tumbuh bagi anak anak kita yang ditandai kurangnya berat dan tinggi badan, fisik lemah, dibandingkan anak lainnya pada saat seusianya bahkan berkaitan erat dengan kecerdasan.” Jelas Felly

“Bagi yang akan menikah mari periksa kesehatan agar anak yang akan dilahirkan dalam kondisi ibu yang sehat, bukan saat Hamil atau lahir anak kita, baru mempersiapkan kesehatan kita.” Ajak Felly.

Tegas Felly, Stunting tidak selalu identik dengan golongan ekonomi yang rendah melainkan kepedulian kita orang tua menjaga kesehatan dan menyediakan konsumsi pola makan yang bergizi dan lengkap dan terbaik buat anak kita”.

“Dampaknya stunting bagi anak kita adalah menurunnya tingkat kecerdasan anak kita, sehingga di masa mendatang anak-anak akan sulit bersaing” Jelas Felly

“Anak Sebagai karunia Tuhan selayaknya kita memberikan yang terbaik buat mereka sebagai sebagai rasa syukur kita beri ASI eksklusif selama 6 bulan, beri 14 Jenis Imunisasi dalam upaya mencegah penyakit” Ajak Felly.

Felly Esterlita Runtuwene yang akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Sulut mendorong agar masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih
” Jamban jaraknya harus sesuai, jika ada ternak mati dikubur jangan dibiarkan karena akan membawah penyakit, selokan dibersihkan semua benda rumah tangga yang menampung air harus selalu diperhatikan,”imbau FER.

Sementara itu dari BBPOM Manado Dra.Sarina, Apt, mengingatkan masyarakat agar tidak sembarang mengkonsumsi dan membeli obat
” Kami dsini karena ingin mengajak masyatakat agar Konsumsi Obat dan makanan aman. Belilah obat diapotik, atau toko obat yang bisa dipertanggungjawabkan. Karena jika salah digunakan akan berakibat fatal bisa menjadi racun atau timbul penyakit lain,”jelas Sarina.

Tambahnya banyak saat ini beredar jamu dan obat obat, semua harus terdata dan jika jenis jamu harus benar benar tanpa bahan kimia.
” Ada iklan obat tertentu penyembuh kanker. Sampai saat ini belum ada obat penyembuh kanker, masyarakat jangan mudah percaya.

Demikian tandasnya dengan kosmetik, harus membeli kosmetik yang sudah ada nomor registrasi, yang menandakan sudah melewati pengujian.
” Banyak kan sekarang yang prodak yang menawarkan wajah kinclong, tanpa disadari mengandung bahan berbahaya yakni merkuri. Juga dengan makanan yang menggunakan pewarna pakaian dan rodamin pada bakso atau mie. Hati hati masyarakat harus lebih teliti dan awas,” imbaunya.

Hal yang penting juga diperhatikan masyarakat menurutnya yakni cek kemasan cek label dan cek ijin edar.
Sarina juga membagi nomor pengaduan atau
Layanan infromasi pengaduan, No.Hp. 081281969799 untuk bertanya langsung kepada petugas BBPOM Manado.

Kehadiran Felly Esterlita Runtuwene bersama BBPOM disambut antusias masyarakat bahkan warga sempat bertanya terkait konsumsi prodak yang layak dan terkait obat obatan.

(Deasy Holung )

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.