Spektakuler, TIFF 2023 Sukses Terlaksana

oleh -122 Dilihat
oleh

Tomohon, manadotempo.com – Pesta bunga Kota Tomohon dalam acara akbar Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023 sukses digelar.

TIFF 2023 merupakan agenda Nasional yang masuk dalam 110 kalender nasional pariwisata atau kalender Karisma Even Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Panitia TIFF 2023

Seperti diketahui, ketua umum panitia TIFF 2023 ini adalah Dra Rita Dondombey yang merupakan Ketua PKK Provinsi Sulawesi Utara, yang juga merupakan istri dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sementara, Wakil Ketua Umum adalah Vonny Pangemanan, dan Ketua Harian adalah Edwin Roring, yang merupakan Sekretaris Daerah Kota Tomohon.

Acara TIFF 2023 yang dimulai sejak tanggal 8 hingga 12 Agustus 2023 terbilang sangat spektakuler dan spesial.

Luar biasanya, dalam acara opening ceremony TIFF 2023 ini, secara resmi dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno. Acara pembukaan tersebut digelar di Panggung Rakyat Tomohon, Kompleks Terminal Beriman Kota Tomohon pada 8 Agustus 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, saat membuka acara seremoni TIFF 2023

Dalam sambutan, Menteri Sandiaga Uno memberi selamat buat masyarakat yang sudah memberikan dukungan. Ia mengatakan, bunga adalah destinasi wisata yang sangat unggul karena memiliki keunikan tersendiri.

Menparekraf RI itu juga sangat memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dan Sulut dimana TIFF 2023 boleh terpilih dalam Kharisma Event 2023.

Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno saat memberi sambutan dalam pembukaan TIFF 2023

Menteri Sandiaga Uno juga mengakui TIFF 2023 memiliki kelas yang tak kalah dengan Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat.

“Saya membayangkan bahwa TIFF 2023 akan memantapkan posisi Tomohon menjadi destinasi wisata global, karena tidak kalah lagi sama Pasadena dan tidak kalah lagi sama festival-festival lainnya di dunia,” ungkap Menteri Sandiaga Uno.

Ia mengajak masyarakat untuk menjadikan perhelatan tersebut sebagai jawaban dari festival berkelas dunia dari Indonesia.

“Dari lubuk hati yang paling dalam. Banyak selamat bagi Kota Tomohon. Mari kita dorong terus pergerakan wisatawan Nusantara. Bangga berwisata di Indonesia. Ayo Warga Tomohon Hadir dan Meriahkan TIFF! Mari Jo berwisata ke Tomohon,” ajak Menteri Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno secara resmi membuka acara TIFF yang ditandai dengan menabuh tambur.

Setelah resmi dibuka oleh Menparekraf, sejumlah kegiatan turut meriahkan pelaksanaan TIFF 2023. Antara lain;

Trade, Investment and Floriculture Expo 2023. Sebuah event berupa eksebisi bunga yang akan menampilkan kekayaan florikultura maupun potensi pariwisata, investasi dan perdagangan di Kota Tomohon.

Walikoa Tomohon Caroll Senduk saat membuka Tomohon Expo di TIFF 2023

Pada tanggal 9 Agustus 2023, digelar Marching Band Competition, yang terdiri dari color guard, display showmanship, cheers dance, dan juga battle percussion, yang sudah dimulai sejak tanggal 8 Agustus. Ada juga Culinary Fest, menyajikan ragam kuliner spesial khas daerah Tomohon.

Rangkaian kegiatan marching band di TIFF 2023

Pada tanggal 9 hingga 11 dalam kegiatan TIFF 2023 digelar Art & Culture Exhibition. Sebuah eksebisi karya seni budaya yang menampilkan berbagai pagelaran adat dan budaya Kota Tomohon, yang sudah dimulai sejak tanggal 7 Agustus oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Walikota Tomohon Caroll Senduk bersama Ketua TP PKK Tomohon drg Jeand’arc Karundeng menikmati kuliner khas daerah Tomohon memakai baju adat Minahasa

Kemudian pada tanggal 12 Agustus 2023, digelar Tournament of Flower (Parade Kendaraan Hias).

Tournament of Flower, Kendaraan Hias Bunga dalam gelaran TIFF 2023.

Penyelenggaraan turnamen bunga ini merupakan puncak dari seluruh kegiatan TIFF 2023. Sebuah parade kendaraan hias yang didekorasi dengan bunga-bunga, yang diikuti oleh 28 float. Beberapa negara juga turut berkontribusi menampilkan kendaraan hiasnya.

Fasion Carnaval TIFF 2023

Di dalamnya juga ada Tomohon Flower Carnival. Karnival yang akan menyajikan eksotisme bunga dalam balutan pakaian kreatif yang dirancang oleh para desainer sebagai bagian dari kegiatan Parade Bunga.

Luar biasanya lagi, Event berskala Internasional ini dihadiri oleh 42 perwakilan maupun duta besar delegasi dari negara negara sahabat baik Asia maupun Eropa.

Foto bersama tamu undangan dari 42 Negara sahabat (Asia, Afrika, Eropa, dan Australia) bersama sejumlah Kepala Daerah serta utusan dari beberapa Daerah di Indonesia.

Menariknya lagi, pada acara puncak TIFF 2023 ini dihadiri langsung oleh Ketua DPR RI Marhani Puan, sekaligus membuka kegiatan ToF pada TIFF 2023 itu.

Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri TIFF 2023

Puan Maharani menilai bahwa Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023 merupakan potensi pariwisata tak ternilai bagi Kota Tomohon.

“Festival bunga ini adalah refleksi keberagaman keindahan dan kekayaan alam Indonesia,” ujar Puan Maharani.

Ketua DPR RI Puan Maharani saat membuka acara Tournament of Flower.

“Teruslah berbenah diri untuk membangkitkan potensi-potensi pariwisata untuk menyambut wisatawan domestik maupun mancanegara,” tutur Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut.

Gubernur dan Ketua TP PKK Sulut, Walikota dan Ketua TP PKK Tomohon duduk bersama Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Kami sangat berharap festival ini akan membawa Kota Tomohon menjadi Kota Tomohon yang kuat, Kota yang hebat, Tomohon yang harmoni dan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya,” pungkas cucu dari Ir Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia ini.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saatemberi sambutan berharap, melalui kegiatan TIFF 2023 kali ini dapat membantu meningkatkan ekonomi bagi petani bunga dan dapat mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kota Tomohon.

“Saya berharap Festival di tahun 2023 bisa berjalan dengan baik. Dan tentunya kepada seluruh tamu undangan lebih khusus tamu-tamu yang datang dari luar Provinsi Sulawesi Utara, bisa melihat keindahan Kota Tomohon, sehingga memberikan sumbangsih yang sangat besar untuk kemajuan Pariwisata Sulawesi Utara,” ujar Gubernur.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberi sambutan dalam acara ToF di TIFF 2023.

Gubernur juga menyampaikan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Sulut, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Bapak Ibu khususnya buat para tamu yang berkunjung ke Sulawesi Utara.

Walikota Tomohon Caroll Senduk dalam acara malam penutupan TIFF 2023.

Senada dengan Gubernur Olly Dondokambey, Walikota Tomohon Caroll Senduk juga menyampaikan ucapan terimakasi sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama masyarakat Kota Tomohon yang bersama-sama mensukseskan kegiatan TIFF 2023 ini.

“Pertama-tama kita harus bersyukur kepada Tuhan karena acada ini bole terlaksana dengan begitu baik. Saya mengucapkan terimakasi kepada semua pihak serta seluruh masyarakat Kota Tomohon. Kesuksesan TIFF 2023 ini adalah milik masyarakat Kota Tomohon,” ujar Walikota Caroll Senduk. (Adv/Oby)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.