Sekot Hadiri Seminar Budaya Daerah

oleh -48 Dilihat
oleh

Kotamobagu, ManadoTEMPO-Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Sofyan Mokoginta hadiri kegiatan seminar Budaya Daerah yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) di Aula Bobakidan Dinas Ketahanan Pangan Kotamobagu, Kelurahan Mongkonai Barat, Selasa (29/08/2023).

Dalam Sambutannya, Sekda Kotamobagu Sofyan Mokoginta menjelaskan bahwa kearifan lokal merupakan bagian budaya suatu masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.
“Kearifan lokal dibentuk berdasarkan nilai-nilai lokal yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya, dimana sebagai hasil posisi grafis dalam arti luas yaitu berupa bentuk masa lalu atau warisan. nilai-nilai lokal tersebut diaplikasikan ke dalam suatu rancangan proses pembangunan sebuah wilayah yang merupakan kajian masyarakat dalam konteks kebudayaan,”ujarnya
Lanjutnya, menurut Sofyan proses pembangunan suatu negara dan daerah itu tidak lepas dari kearifan lokal dan nilai-nilai lokal yang diwariskan pendahulu kepada generasi-generasi penerusnya.
“Keberagaman kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan kebudayaan nasional indonesia ditengah dinamika perkembangan dunia sehingga kebudayaan menjadi haluan pembangunan nasional sebagaimana tertuang pada undang-undang No 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan,” jelasnya.
Tak hanya itu Kebudayaan juga adalah prioritasnya sebagai suatu istilah yang erat dengan kehidupan masyarakat.
“Mengapa demikian? Karena kebudayaan diciptakan manusia sebagai keseluruhan yang kompleks di dalamnya terkandung sistem pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat istiadat dan lain-lain,” terangnya
Kata Sofyan sangat disayangkan pergeseran nilai-nilai budaya kearifan lokal yang tumbuh dari masyarakat mengalami degradasi atau terlupakan.
“Sehingga cenderung pengguna kebudayaan terutama generasi muda itu sendiri sudah tidak lagi mengenal kearifan lokal, oleh karena diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk ikut serta dan mengambil bagian dalam memajukan kota kotamobagu,”pungkasnya(wn)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.