Tingkatkan Pengamanan Siber Dan Sandi Jelang Pemilu, KPU Sulut Kolaborasi Dengan BSSN

oleh -103 Dilihat
oleh

 

Manado Tempo – KPU Sulut berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kunjungan dilaksanakan dalam upaya peningakatan pengamanan siber dan sandi jelang pemilu tahun 2024. Hal itu terlihat pada kunjungan Badan Siber dan Sandi Negara bertempat di ruang rapat komisioner KPU Sulut Rabu (25/10/2023)).

Plh. Sekretaris KPU Sulut Carles Worotitijan menerima langsung kunjungan bersama Kabag Perencanaan, Data dan Informasi Winda Tulangow, Pejabat Fungsional Ahli Madya Raymond Mamahit dan Aminudin Ilolu serta Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Novie T. Runtukahu.

Dalam sambutannya Worotitjan mengungkapkan terima kasih dan mengapresiasi kolaborasi antara KPU dengan Badan Siber dan Sandi Negara ini, terlebih dalam menghadapi tahapan krusial hingga di tahapan penghitungan suara pemilu 2024 nantinya.

Disisi lain Tulangow berharap, dengan kedatangan tim BSSN dapat melihat dan memitigasi potensi kerentanan infrastruktur jaringan di KPU Sulut demi menghindari hal-hal yang dapat menghambat kerja KPU dalam penyelenggaran Pemilu 2024.

Tim.BSSN

Perwakilan Tim BSSN Carolina A. selaku Sandiman BSSN menyampaikan maksud kedatangannya yang dituangkan dalam beberapa point penting diantaranya :
1. Melakukan asesmen, pendataan, verifikasi, dan pemantauan terhadap penyelenggaraan sistem informasi untuk menghindari penyalagunaan data.
2. Melakukan respon dan mitigasi insiden secara cepat terhadap penyalagunaan data.
3. Merekomendasikan saran perbaikan teknis dan/atau non teknis untuk meningkatkan penangan data.
4. Merekomendasikan penegakkan hukum terhadap penyalahgunaan data.
5. Melakukan komunikasi publik yang ekfektif kepada masyarakat.
6. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan satgas pelindungan data.

Caroline juga mengharapkan kolaborasi ini dapat berjalan tertib dan aman sehingga tim BSSN bisa membantu KPU Sulut mendeteksi sejak dini agar terbebas dari ancaman kejahatan siber.

Selanjutnya Tim BSSN melakukan identifikasi dan pengujian aset publik keamanan serta wardriving infrastruktur jaringan KPU Sulut didampingi Tim Data dan Informasi KPU Sulut.

(Deaay Holung/**)

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.