Lapas Perempuan Kelas IIB manado Gelar Mitigasi Kebakaran Bersama Damkar Kota Tomohon

oleh -77 Dilihat

Manado tempo Tomohon, 

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Manado laksanakan mitigasi bencana kebakaran bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tomohon, Rabu (25/10). Simulasi ini bertujuan memberikan edukasi kepada seluruh petugas Lapas Perempuan Manado dalam mencegah dan mengatasi jika terjadinya kebakaran di Lapas.

 

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Aris Munandar, membuka secara langsung kegiatan yang dilaksanakan di gedung utama Lapas Perempuan Manado.

“Diharapkan ke depannya kegiatan seperti ini dapat dikembangkan lagi. Tidak hanya sebatas penanggulangan bencana kebakaran, tetapi juga bencana alam lainnya,” harapnya.

 

Kegiatan diawali dengan pengarahan dan pemberian materi oleh Kepala Bidang Damkar Kota Tomohon, John Tamboto. Pada sesi ini dijelaskan berbagai alat pemadam kebakaran serta cara penggunaannya dan teknik dalam melakukan pemadaman api ketika terjadi kebakaran. Usai pemberian materi, dilanjutkan dengan praktik dan latihan simulasi pemadaman api di area terbuka.

Petugas Lapas Perempuan Manado diberikan kesempatan untuk mencoba dan mempraktikkan penggunaan alat pemadam didampingi instruktur. Selanjutnya, regu pengamanan melakukan proses evakuasi Warga Binaan dengan menggunakan “Bell of Danger” dan mengarahkan mereka ke titik kumpul yang telah disediakan. Ada pula proses pemindahan Warga Binaan ke Lapas/Rutan terdekat guna mitigasi pelarian saat terjadinya bencana, dalam hal ini Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Tomohon.

Kepala Lapas Perempuan Manado, Oldij Rambi, menyampaikan keamanan, ketertiban, dan keselamatan Warga Binaan adalah tanggung jawab dan tugas seluruh petugas sehingga seluruhnya harus mengikuti simulasi dan pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari mitigasi risiko bencana, khususnya bencana kebakaran,” terangnya.

 

Dari pelatihan tersebut, diharapkan seluruh petugas dan Warga Binaan Lapas Perempuan Manado terhindar dari gangguan keamanan akibat kebakaran. Dengan berbekal teknik penanganan yang sudah didapat dari petugas damkar, para petugas diharapkan bisa mengatasi kebakaran yang terjadi, baik yang disengaja maupun tidak. (***)

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.