Ardiles Mewoh dan Donny Rumagit Dilantik Tim Pemeriksa Daerah Sulut

oleh -121 Dilihat
oleh
DR.Ardiles Mewoh dan Donny Rumagit, SPT, SH dilantik Anggota TPD Sulut

 

Manado Tempo -Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI resmi melantik Ardiles Mewoh dab Donny Rumangit sebagai Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2023-2024, Selasa (07/11/2023), di Hotel Grand Sahid Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Pelantikan TPD ini dipimpin langsung oleh Ketua DKPP Heddy Lugito berdasar Keputusan Ketua DKPP Nomor 282.A/SK/K.DKPP/SET-03/XI/2023 tentang Pengangkatan Tim Pemeriksa Daerah Periode Tahun 2023-2024. Pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan sumpah oleh seluruh anggota TPD secara bersamaan.

Selain unsur Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh dan Donny Rumagit, juga dilantik unsur KPU Sulut Salman Saelangi dan Lanny Ointu, serta dari unsur Masyarakat Taufiq Pasiak dan Victory Rotty.

“225 nama TPD periode 2023-2024 ini terdiri dari 76 orang unsur masyarakat, 73 orang unsur KPU Provinsi, dan 76 orang unsur Bawaslu Provinsi,” ungkap Heddy.

Menurut Heddy, ini adalah pertama kali DKPP melantik secara lengkap TPD dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Ia pun berpesan kepada seluruh TPD yang baru saja dilantik agar senantiasa memegang teguh integritas, profesionalitas, dan sumpah janji jabatan yang telah diucapkan.

“Sumpah jabatan yang anda ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, juga terhadap Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh yang baru saja dilantik menjadi anggota TPD DKPP Provinsi Sulut mengatakan akan menjalankan tugas ini secara profesional. Menurutnya, TPD merupakan ujung tombak utama DKPP dalam menjaga marwah penyelenggara pemilu ditingkat daerah.

“Dengan adanya TPD disetiap daerah akan membuat penyelenggaraan Pemilu ataupun Pilkada dapat berjalan dengan baik. TPD merupakan ujung tombak dalam menjaga marwah penyelenggara didaerah,” ucap Mewoh.

Senada dengan Ardiles Mewoh, Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Donny Rumagit yang juga baru dilantik sebagai TPD DKPP Provinsi Sulut mengungkapkan akan melaksanakan tugas yang diamanatkn dengan penuh tanggung jawab.

“Kualitas penyelenggaraan Pemilu khususnya di Sulawesi Utara harus kami jaga agar dapat mewujudkan pemimpin yang berkualitas. TPD memiliki peran yang penting, jadi kami akan menjalankan tugas ini dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ungkap Rumagit.

Untuk diketahui, TPD merupakan tim ad hoc yang dibentuk DKPP untuk membantu DKPP melaksanakan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) di daerah.

Keanggotaan TPD terdiri dari unsur KPU Provinsi/KIP Aceh, unsur Bawaslu Provinsi, dan unsur masyarakat. Berbeda dengan TPD unsur masyarakat, TPD unsur KPU Provinsi /KIP Aceh dan unsur Bawaslu Provinsi ditetapkan DKPP berdasar usulan dari lembaga masing-masing.

(Deasy Holung/**)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.