Dispar Tomohom Gelar Bimtek Sustainable Tourism

oleh -92 Dilihat
oleh

Tomohon, manadotempo.com – Pemerintah Daerah Kota Tomohon melalui Dinas Pariwisata Daerah  menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sustainable Tourism atau Pariwisata Berkelanjutan yang melibatkan Pengelola Destinasi Wisata, (21/11/2023) di Wise Hotel Tomohon.

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon Judhistira Siwu.

Yudi sapaan akrabnya  mengatakan pelaksanaan bimtek ini sebagai terobosan serta bagian upaya terselenggaranya pengembangan Sustainable Tourism di Kota Tomohon.

“Pengelolaan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan untuk menjadi daya tarik untuk dikunjungi, hingga suatu tempat usaha bagi wisatawan dan berusaha membuat dampak positif terhadap lingkungan, sosial budaya, dan ekonomi. Pariwisata dapat meliputi transportasi utama ke lokasi umum, transportasi lokal, akomodasi, hiburan, rekreasi, makanan dan belanja,” ucapnya.

Ia pun berharap pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Sekaligus mewujudkan Kota Tomohon sebagai kota tujuan wisata dunia,”ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Caroll Senduk mengapresiasi Disparda Tomohon menggelar Bimtek Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan.

“Ini dalam rangka membangun pariwisata tidak hanya berbasis pada pendapatan dan kesejahteraan, tetapi prinsip-prinsip yang bertanggung jawab pariwisata keberlanjutan memperhatikan tiga prinsip di antara sosial budaya, ekonomi dan alam sekitarnya. Jangan hanya berdasar prinsip pendapatan saja tetapi juga mendahulukan prinsip yang lainnya.

Menurutnya, tiga prinsip pengembangan pariwisata keberlanjutan harus diterapkan dalam membangun pariwisata.

“Ketika salah satu di antaranya cacat, maka pembangunan pariwisata itu dinilai gagal,” ungkapnya.

Bimtek tersebut menghadirkan para narasumber yakni Walikota Tomohon Caroll Senduk dan  Kepala Dinas PUPR Kota Tomohon Royke Tangkawarouw dan Tim Penyusunan Dokumen Lingkungan Unsrat DR Franky Paat. (Oby)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.