, ,

Bawaslu Sulut  Rakor Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024,

oleh -401 Dilihat
oleh
Ketua Bawaslu Didampingi anggota Bawaslu Membuka Kegiatan Rakor

 

Manado Tempo – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Senin (20/11/2023) hingga Rabu (22/11/2023).

Kegiatan ini digelar serentak oleh empat Divisi Bawaslu Sulut di tiga lokasi kegiatan, yaitu Hotel Peninsula, Arya Duta, dan The Sentra Manado.

Dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh, kegiatan diikuti ratusan unsur pengawas Pemilu baik di kabupaten/kota, sampai Panwascam di 171 kecamatan.

“Selama saya menjabat, belum pernah saya melihat Panitia Pengawas Pemilu berkumpul semuanya. Ini menjadi kesempatan merapatkan barisan dan mengkonsolidasikan gerakan kita, untuk komitmen melakukan pengawasan yang lebih baik jelang hari pemilihan. Apa kalian siap?” tanya Ketua Bawaslu Sulut yang langsung diikuti sorakan seluruh peserta kegiatan.

“Saya berharap momentum ini tidak akan sia-sia. Saya mengapresiasi kerja keras kalian semua sampai saat ini, mari kita gemakan semangat pengawasan hingga pelosok Sulawesi Utara. Terutama dalam menyambut tahapan kampanye pada 28 November mendatang,” tambahnya.

Jelas Mewoh kegiatan ini dilakukan guna mempersiapkan pengawasan kampanye dan logistik KPU yang akan berjalan ke depan. Sekaligus juga dengan apel siaga pengawasan.

“Ini dimaksudkan untuk memantapkan jajaran pengawas. Dan terkait mengkonsolidasikan setiap upaya yang dilakukan jajaran.

Dirinya berharap ke depan Bawaslu kabupaten/kota juga melakukan hal yang sama pada jajaran di kelurahan/desa yaitu PKD.

“Supaya kita benar-benat siap dan memastikan melakukan pengawasan kampanye dan memastikan tidak terjadi pelanggaran dalam melakukan kampanye. Tentu kita upayakan untuk mencegah dengan imbauan-imbauan pada peserta pemilu terkait dengan aturan-aturan berkampanye,” terangnya.

Dia menegaskan, jikalau pun masih ada terdapat pelanggaran, Bawaslu akan lakukan penindakan.

Untuk itu, jajaran pengawas harus punya pengetahuan dan juga profesional. Seperti kompetensi dasar, teknis harus dimiliki.

“Pahami dengan benar aturannya. Kita punya komitmen yang sama untuk sukseskan pemilu ini. Saat ini memang kita sebagai wasit pemilu punya beban berat. Saya harap kita terus berupaya konsolidasikan semua kerja-kerja jajaran Bawaslu sampai tingkat bawa,” pintanya.

Kegiatan dirangkaikan dengan arahan-arahan yang disampaikan para Komisioner Bawaslu Sulut. Mulai dari Steffen Linu selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, kemudian Donny Rumagit selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa.

Lalu dilanjutkan dengan arahan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Erwin Sumampow. Arahan ditutup oleh Ketua Bawaslu Sulut yang sekaligus membuka rangkaian kegiatan Rakor.

(Deasy Holung)

 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.