BPBD Kota Kotamobagu Gelar Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana di Sekolah-sekolah

oleh -340 Dilihat
oleh
Sosialisasi Penanggulangan Bencana

 

Kotamobagu,ManadoTempo -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana di sejumlah Sekolah pada akhir November tahun ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana serta memberikan pemahaman tentang jenis bencana dan tindakan evakuasi mandiri.

Sosialisasi dan simulasi bencana ini dilaksanakan di beberapa Sekolah Dasar, di antaranya SDN 1 Kotamobagu dan SDN 1 Mogolaing. Kegiatan ini merupakan upaya BPBD Kota Kotamobagu dalam memperkuat kapasitas penanggulangan bencana di tingkat sekolah, sekaligus optimalisasi upaya penanggulangan bencana di Kota Kotamobagu.

Dalam pernyataannya, Plt Kepala BPBD Kota Kotamobagu, Hj. Asriyanti, S.T., M.M, mengungkapkan, “Kami melaksanakan Sosialisasi dan Simulasi bencana ke sekolah-sekolah, yakni diantaranya di SDN 1 Kotamobagu dan SDN 1 Mogolaing. Ini merupakan bentuk penguatan kapasitas ditingkat Sekolah dalam upaya optimalisasi penanggulangan Bencana di Kota Kotamobagu.”

Dengan mengusung tema “Tangguh bencana sejak dini”, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang jenis bencana yang mungkin terjadi di wilayah mereka serta melakukan simulasi evakuasi mandiri. Melalui sosialisasi dan simulasi ini, diharapkan para siswa dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan evakuasi mandiri sejak dini saat terjadi bencana, sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari sekolah dan siswa. Mereka menyambut baik upaya BPBD Kota Kotamobagu dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanggulangan bencana. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan di sekolah-sekolah lainnya untuk menciptakan generasi yang tangguh dalam menghadapi bencana.

BPBD Kota Kotamobagu terus berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana yang berkelanjutan, baik di tingkat sekolah maupun masyarakat. Dengan pengetahuan dan kesiapsiagaan yang baik, diharapkan Kota Kotamobagu dapat menjadi daerah yang tangguh dalam menghadapi bencana(**)

Editor :Deasy Holung

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.