Dinkes Minsel Edukasi Masyarakat Soal PTM

oleh -143 Dilihat
oleh
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel dr Wiwin Opod

Minsel, Manado TEMPO-Guna terwujudnya masyarakat sehat, pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tidak hanya fokus pada pelayanan kesehatan saja.

Tapi ikut memberi edukasi atau pembelajaran kepada masyarakat tentang jenis penyakit serta penyebabnya dan cara menanggulanginya.

Berikut penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel dr Wiwin Opod soal jenis penyakit tidak menular (PTM) dan cara penanggulangannya. Menurut kadis ada sejumlah PTM sering diderita atau menyerang manusia. Antara lain stroke, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

“Ini adalah jenis-jenis penyakit tidak menular (PTM). PTM tidak disebabkan oleh infeksi kuman atau penularan lewat kontak manusia. Faktor penyebabnya adalah faktor genetik atau keturunan, usia, serta faktor lingkungan seperti polusi. PTM juga bisa disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat. Misalnya, Kurang olahraga, Kebiasaan merokok, Konsumsi minuman beralkohol, Pola makan tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi kolesterol, garam dan gula, serta kurang mengonsumsi sayur dan buah,” terang Opod.

Opod menjelaskan bahwa PTM memiliki resiko kematian yang tinggi sehingga perlu kewaspadaan masyarakat dalam menghindarinya.

“Berdasarkan data WHO tahun 2021, diperkirakan ada sekitar 41 juta orang atau 71 persen angka kematian disebabkan oleh PTM. Untuk menghindari resiko PTM, lakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan imunitas,”jelasnya.(AP).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.