Hebat! Puluhan Penghargaan Ditorehkan FDW di 2023

oleh -115 Dilihat
oleh

Minsel, ManadoTEMPO-Perjalanan tahun 2023, tinggal menyisakan beberapa hari lagi akan segera berakhir.

Selang waktu 12 bulan, berbagai catatan manis ditorehkan pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dibawah kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar dan wakil Bupati Petra Yanni Rembang.

Salah satunya dengan berhasil meraih puluhan penghargaan diberbagai bidang dan menjadi kebanggaan pemerintah serta masyarakat Kabupaten Minsel pada umumnya.

Tidak hanya untuk menjadi kebanggaan, keberhasilan meraih sederet prestasi telah memberi dampak positif pada meningkatnya perkembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data yang himpun tahun 2023 ini, sejumlah penghargaan berhasil diraih dan menjadi catatan manis serta menjadi motivasi untuk melangkah pada tahun 2024.

Berikut deretan penghargaan dan prestasi Tahun 2023.

1. Paritrana Award Tahun 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara,
Kabupaten Terbaik 2 Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Povinsi Sulawesi Utara Tahun 2023.

2. Terbaik 1 Kepatuhan Pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022.

3. Peringkat 2 Se-sulawesi Utara Untuk Pencapaian MCP Pemerintah Daerah Tahun 2022.

4. Peringkat 1 Kategori Kabupaten/kota Atau Peringkat 2 Sesudah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Atas Capaian Indeks Integritas Berdasarkan Spi Tahun 2022.

5. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022 Oleh BPK RI.

6. Sertifikat Eliminasi Malaria Atas Pencapaian Eliminasi Tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diterima pada Peringatan Hari Malaria Sedunia Tingkat Nasional Tahun 2023.

7. Piagam Penghargaan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia Atas Dedikasi, Kontribusi Dan Keberhasilan Dalam Membangun Bidang Pertanian, yang diterima Pada Kegiatan PENAS KTNA XVI Tahun 2023.

8. Sertifikat Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Selatan dari Akreditasi C menjadi Akreditasi B, dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP-DRJD 4040 Tahun 2023 Tentang Penetapan Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Selatan.

9. Piagam Penghargaan Dari PLN UID Sulutteggo Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Komitmen Dalam Melunasi Tagihan Pemakaian Listrik Setiap Bulan Dengan Cepat Dan Tepat Waktu Sebelum Tanggal 20.

10. Piagam Penghargaan Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Ri Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan atas Anugerah Apresiasi Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama.

11. Piagam Penghargaan Dari Gubernur Sulawesi Utara Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Komitmen Dan Dedikasi Dalam Proses Sertifikasi Tanah Aset Pemerintah Daerah.

12. Piagam Penghargaan Dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Bantuan, Kerjasama, Dukungan, Perhatian Dan Partisipasi Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Sulawesi Utara Musim Haji 1444 H/2023.

13. Apresiasi Dan Penghargaan Dari Menteri Dalam Negeri RI Dan Menteri Keuangan RI Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Kinerja Pengendalian Inflasi Terbaik Periode Pertama Tahun 2023, Sehingga Kabupaten Minahasa Selatan Menjadi Salah Satu Dari 24 Kabupaten se-Indonesia yang mendapatkan Insentif Fiskal dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah Sebesar Rp. 9.980.079.000.

14. Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa IV Kepada Bupati Minahasa Selatan Selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa Selatan Dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

15. Piagam Penghargaan BKN Award 2023, atas Prestasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan,
a. Peringkat 1 Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi Dan CAT;
b. Peringkat 2 Perencanaan Kebutuhan Dan Mutasi Kepegawaian.

16. Piagam Penghargaan Dari BKKBN RI Atas Prestasi Dalam Memfasilitasi Penyelenggaraan Kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

17. Penghargaan Sertifikat Proklim Utama Tahun 2023 Dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk 2 Kelurahan (Pondang Dan Ranomea) Dan 2 Desa (Wiau Lapi Dan Popontolen); 1 (Satu) Penghargaan Piagam Proklim Pratama Tahun 2023: Desa Sondaken, 2 (Dua) Penghargaan Piagam Proklim Madya Tahun 2023: Desa Popareng Dan Desa Wawona.

18. Apresiasi Dan Penghargaan Dari Menteri Dalam Negeri Ri Dan Menteri Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Kinerja Pengendalian Inflasi Terbaik Periode Ketiga Tahun 2023 sebesar Rp. 9.538.801, Sehingga Kabupaten Minahasa Selatan menjadi satu-satunya Daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang 2 kali mendapatkan Insentif Fiskal Dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah.

19. Lomba Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 Oleh KPK RI, diikuti oleh Desa Wiau Lapi, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan sebagai perutusan Provinsi Sulawesi Utara, Dengan hasil kategori ISTIMEWA, Nilai 91,5. Dilaunching Sebagai Desa Antikorupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 Pada Tanggal 28 November 2023.

20. Penghargaan SWASTI SABA PADAPA Kepada kabupaten Minahasa Selatan atas Keberhasilan dalam menyelenggarakan kabupaten / kota Sehat tahun 2023.

21. Nilai kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 sebesar 90,84 Zona Hijau Kategori A Kualitas Tertinggi dari Ombudsman RI, naik cukup signifikan dari sebelumnya 63,78, zona kuning kategori C kualitas sedang di tahun 2022. Hal ini berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman RI Nomor 418 Tahun 2023 Tentang Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Bupati Minsel Franky Wongkar mengatakan berbagai prestasi membanggakan yang telah diukir dengan catatan manis itu, dimaknai sebagai hasil kerja sinergi dan elaborasi dari semua pihak. Sebab menurutnya tidak ada keberhasilan yang jatuh dari langit, lahir tanpa rahim. Tapi buah perjuangan keras jajaran pemerintah, stakeholder terkait dan dukungan masyarakat.

Bupati berharap apa yang sudah diraih ini menjadi pendorong sekaligus motivasi untuk terus melakukan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kiranya keberhasilan – keberhasilan yang mendatangkan apresiasi ini, dapat dijadikan motivasi untuk lebih giat lagi bekerja untuk masyarakat Minahasa Selatan tentunya, Untuk Minsel Maju, berkepribadian dan Sejahtera,” harap Bupati. (AP).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.