KPU Sulut petakan 400 TPS Tanpa Sinyal Jaringan Internet

oleh -136 Dilihat
oleh
Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan

 

Manado Tempo – Untuk mempercepat proses rekapitulasi sekaligus menghadirkan transparansi dalan proses perhitungan dan hasil perhitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) maka KPU telah menetapkan untuk kembali menggunakan Sistim Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada proses rekapitulasi hasil perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024 mendatang. Hal ini sesuai hasil kesepakatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi II DPR RI, dimana Sirekap dapat digunakan sebagai alat bantu dan publikasi, namun bukan sebagai hasil resmi pemilihan yang juga telah disepakati tetap manual seperti pemilu dan pemilihan sebelumnya.

Untuk melakukan hal ini tentunya diperlukan Sinyal jaringan seluler atau akses internet yang baik agar setiap hasil yang di kirimkan dapat cepat terakses.
Untuk Sulut sendiri menurut Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan, Rabu (20/12/2023) saat media gathering di Hotel Lagoon Manado, telah siap menerapkan, namun masih ada kurang lebih 400 TPS yang blanspot atau suatu keadaan dalam suatu tempat atau wilayah yang tidak tersentuh atau tidak mendapatkan akses sinyal komunikasi seperti jaringan internet.
“Kami sudah melakukan pemetaan ada kurang lebih 400-an TPS yang blank spot. Kami juga telah memetahkan daerah yabg jaringan tapi datanya tidak ada . Jadi kami terus lakukan pemetaan,” jelas Poluan.

Untuk menghadapi kondisi ini maka jelas Poluan pihaknya menggu kebijakan KPU RI dimana terinformasi akan ada perlengkapan yang disediakan. Disamping itu KPU sulut tengah melalukan mitigask kontigensi plannya terutana penggunaan sirekap dititik blankspot.
“Kami akan meminta KPPs untuk bergesar wilayah yang ada sinyal atau jaringan data tentunya dengan SOP dan manajemen resiko yang ada,” terang Poluan.

Sedangkan yang tidak ada jaringan maka KPU telah berkoordinasi degan stakeholder terkait yang memiliki jaringan HT untuk dapat mengcover huhungab komunikasi data itu.
“KPU sulut telah mrlengundang mereka dan melakukan koordinasi untuk mempertayakan apakah mereka sanggup atau cukup mengcover komunikasi di 400 TPS ini,” urainya.

Hadir juga mendapmpingi ketua KPU,Pejabat Fungsional Ahli Madya Aminudin Ilolu dan Ferdynand Raintung ,Kasubag Keuangan yang memandu acara.

(Deasy Holung)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.