Rio Dondokambey Serukan Semangat Kebersamaan dan Kesatuan di Pemuda GMIM Christmas Celebration

oleh -619 Dilihat
oleh

Ratahan, ManadoTEMPO – “Damai Natal Memperkokoh Kebersamaan dan Kesatuan”. Tema ini nampak dalam Chrismas Celebration Pemuda GMIM di Ratahan, Minahasa Tenggara, Kamis (28/12).

Ada Qasidah dari Bentenan Indah dalam ibadah yang dipimpin Pdt Dr Adolf Wenas M.Th. Paduan suara dari Haromony Children Choir, Mitra Male Choir dan Paduan Suara Wilayah Ratahan menambah nuansa sakral dalam acara tersebut.

Lewat tema ini pula, Chrismas Celebration Pemuda GMIM menampilkan semangat ugahari yang kerap disebut Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam safari natal.

Hadir pula Pj Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ronald Sorongan. Ia didampingi segenap jajaran Pemerintah Kabupaten. Hadir juga ribuan pemuda se-Sinode GMIM.

Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM (KPPSG) Pnt Rio Dondokambey mengajak Pemuda GMIM memaknai damai natal untuk memperkokoh kebersamaan dan kesatuan.

“Banyak makna natal. Yang pasti bukan soal baju baru. Melainkan perwujudan kasih Tuhan, penggenapan janjji Tuhan, dan yang paling akurat apa yang diangkat sebagai tema ibadah kita hari ini,” ungkap Pnt Rio.

Pun di massa lampau, beber dia, peradaban orang Minahasa terjadi karena adanya kebersamaan dan peraatuan.

“Pendahulu kita berunding bersama untuk menghadilkan persatuan. Sama juga dengan GMIM. Bersama dalam satu persatuan,” ujar dia.

Ia meminta Pemuda GMIM rasional dalam berpikir perihal kerukunan.

“Cermat dalam menanggapi isu dan berita yang bisa memantik pertikaian dan perkelahian serta memicu rusaknya kebersamaan dan persatuan,” sebut dia.

Menghadapi tahun politik di 2024, Rio Dondokambey juga menyerukan pemilu damai. Ia mengakui, setiap pemilu pasti adanya perbedaan pendapat dan pemikiran.

“Pemuda GMIM wajib memperjuangkan pemilu damai. Dalam menghadapi pemilu, jangan lupa status kita adalah pemuda gereja. Ingat hukum yang kita belajar dari dulu sejak masih di sekolah minggu ialah hukum kasih,” kata Rio.

Ia juga menyayangkan jika akhirnya pemilu sebagai ajang lima tahunan sekali membuat anggota Pemuda GMIM lupa akan hukum kasih. Timbulnya pertikaiam sampai saling menghujat bahkan hingga di medsos.

“Pemuda GMIM harus menunjukan cara-cara berpolitik yang pintar, penuh dengan kasih dan rasional,” sebut dia.

Pada kesempatan itu juga, Pnt Rio Dondokambey memyampaikan selamat natal dan selamat menyongsong tahun baru 1 Januari 2024.

“Puji dan syukur kepada Tuhan Yesus. Hari ini adalah acara penutup tahun 2023,” ucapnya.

Ia juga mengapresiasi seluruh Pemuda GMIM atas partisipasi yang kuar biasa untuk setiap kegiatan sepanjang tahun 2023.

“Salah satu indikator suksesnya kegiatan adalah kehadiran peserta. Diharapkan tahun depan akan seperti ini,” tandasnya. (inot)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.