Program Pariwisata OD-SK Berdampak Positif

oleh -460 Dilihat
oleh
Andra Mawuntu: Surat Mendagri Penegasan Putusan MK Terkait Kepala Daerah Hasil Pilkada 2018 dan 2019

ManadoTEMPO-Sepanjang tahun 2023 kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan tahun 2022. 

Dari data Imigrasi dan Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, jumlah turis asing yang berkunjung ke Sulut sepanjang tahun 2023 sebanyak 90.471 wisatawan. Turis domestik mencapai 743.948 wisatawan dengan rata-rata menginap selama 2-3 malam.

Imigrasi juga mencatat, wisatawan asing itu berasal dari 14 negara yakni China, Germany, Singapore, USA, Netherland, France, Australia, Switzerland, Unitet Kingdom (UK), South Korea, Italy, Malaysia, Japan dan Philippines (Filipina).

Mencapai hasil ini tentu tidak gampang. Apalagi dua tahun (2020 – 2022), dunia pariwisata di Nyiur Malambai dihantam pandemi Covid-19. Padahal sebelum Covid, jumlah turis asing yang datang ke Sulut di tahun 2019 sudah mencapai 135.656 wisatawan. Bahkan turis domestik menyentuh 2.200.000 wisatawan.

Keberhasilan mengembalikan kejayaan Sulut di sektor pariwisata sekaligus membuka pintu gerbang di kawasan Asia Pasifik tak lepas dari komitmen dan keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut yang dipimpin Gubernur Prof DR (HC) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Drs Steven Kandouw (OD-SK).

Salah satu bukti yakni di bulan Maret tahun 2023, Gubernur Olly Dondokambey membuat terobosan dengan dibukanya rute penerbangan langsung Manado – Narita Tokyo Jepang dan beberapa Negara lainnya.

Tidak hanya itu, berbagai ivent internasional dikemas beberapa kali dan digelar di Sulawesi Utara. Keberanian pemerintahan OD – SK melakukan penetrasi di sektor pariwisata ini tak lain untuk mensejahterakan rakyat, terutama para pelaku usaha wisata dan pelaku-pelaku UMKM.(inot/*)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.