Hebat!!! Pemkot Tomohon Raih Penghargan Terbaik kedua Tinggkat Sulut di Evaluasi SPBE, Wali Kota: Terima Kasih Banyak

oleh -103 Dilihat

Manadotempo Tomohon. 

 

Prestasi menggembirakan diraih diawal tahun 2024, dimana Pemerintah Daerah Kota Tomohon kembali mendapat Hasil yang baik pada Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dimana menempatkan pemerintah Kota Tomohon sebagai salah satu kota terbaik.

Hal itu didasarkan pada hasil Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 13 tahun 2024.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk saat dikonfirmasi terkait evaluasi SPBE tahun 2023, menyampaikan puji syukur atas raihan yang diperoleh itu.

“Puji syukur Kota Tomohon mendapat nilai 3,00 dengan predikat baik,. Atas nama masyarakat Kota Tomohon, dan pribadi saya tentunya memberikan apresiasi atas capaian yang yang diraih oleh Kota Tomohon,” ucap Caroll Senduk.

Kepala dinas kominfo Kota Tomohon, Royke Roeroe menyampaikan bahwa ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan hasil penilaian pemantauan SPBE pada tahun 2020 terhadap Kota Tomohon dengan nilai 1,67 dan 2022 indeksnya naik menjadi 1,76, dimana di kedua tahun tersebut indeks SPBE masih berada di kategori kurang.

“Dengan hasil evaluasi SPBE tahun 2023 dimana untuk level Provinsi Sulut. Kota Tomohon sukses meningkatkan kinerja Tata Kelola SPBE dgn capaian Indeks Nilai 3,00 kategori BAIK dan menjadi kedua terbaik di Provinsi Sulut setelah Kabupaten Bolmong,” ucapnya.

Roeroe menyebutkan capaian nilai indeks 3,00 ini adalah lompatan besar Pemkot Tomohon via Koordinasi leading sektor Dinas Kominfo dan kerja sinergi dengan SKPD/UKPD Pembina SPBE.

“Dukungan, arahan dan kebijakan serta komitmen kuat pimpinan kota menjadi salah satu kunci utama evaluasi Assesor eksternal bentukan Kemen PAN-RB RI yang menilai bahwa Pimpinan Kota di bawah kepemimpinan Bapak Walikota Caroll Senduk dan Bapak Sekdakot Edwin Roring sebagai Ketua Tim Pembina SPBE Kota di nilai bagus dan telah sesuai dengan arah dan kebijakan nasional untuk tata kelola SPBE,” ujarnya.

Dikatakannya ini suatu pembuktian dan apresiasi dari Kementerian PAN-RB tentang kinerja tata kelola SPBE di Kota Tomohon.

“Indeks yang baik ini akan berkontribusi positif pada indeks SPBE Prov Sulut dan Nasional. Jadi, kontribusinya menarik ke atas, bukan menarik ke bawah. Ini sisi lain dari indeks SPBE yang BAIK. Kinerja yang cukup membanggakan ini dengan tanpa bermaksud melebihi lebihkan, memang patut di syukuri bersama dan menjadi “kado kecil” saat Tomohon mau merayakan Hari Jadi Kota Tomohon ke-21 Tahun 2024 pada 27 Januari 2024 nanti. Karena menjadi bukti nyata bahwa Pimpinan Kota melalui Kepala SKPD/UKPD Pembina/ Pengampu SPBE, secara nyata telah berhasil membangun tim kerja (Assesor Internal) yang mampu bekerja efektif dan efisien, mampu bekerja sinergis dan terkoordinasi dengan baik, sekalipun di sadari sepenuhnya, msh terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi secara berkelanjutan, agar ke depan bisa dipertahankan bahkan meningkatkan indek SPBE menjadi sangat baik,” bebernya.(***).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.