Felly Runtuwene Bagi 5 Tips Hidup Sehat Bagi Warga di Kab.Mitra

oleh -100 Dilihat
oleh
Sosialisasi Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Esterlita Runtuwene, SE (FER) bersama Kemenkes RI di Kab.Mitra

Manado Tempo – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Esterlita Runtuwene, SE (FER ) menyampaikan 5 tips penting agar masyarakat bisa hidup sehat.

Sosialisasi di Lowu

Dihadapan ribuan warga Lobu dan Molompar Kab.Mitra saat edukasi Penggunaan Obat Rasional melalui gerakan Masyarakat Cerdas menggunakan Obat Gema Cermat, bersama Direktorat Jederal Kefarmasian dan alat kesehatan kementrian Kesehatan RI Kamis (25/01/2024), Felly memaparkan hal hal yang harus dilakukan yakni,
1. Cerdas memilih bahan pangan yang sehat baik
2. Olaraga yang rutin
3.Rutin datang kontral diri ke Puskesmas
4.Mampu Kelolah Stress, serta
5 Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

” Ini 5 hal sederhana yang kalau kita lakukan secara baik, maka akan terhindar dari sakit. Ingat jangan datang ke puskesmas kalau sakit, tapi rajinlah memeriksa diri, apakah tekanan darah dari baik, kolesterol aman. Juga hindari stres, rajin beribadah akan dikuatkan secara mentaldan iman,” imbau Srikandi Nasdem ini yang juga mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPR RI No. urut 5 Dapil Sulawesi Utara.

Sosialisasi Molompar

Dalam kesempatan ini, Felly juga menjelasakan alokasi anggaran kesehatan dari tahun ketahun dimana sejak dirinya dipercaya sebagai Ketua Komisi IX terus mengalami peningkatan khususnya anggaran untuk bantuan Pelayanan dan alat kesehatan bagi masyarakat miskin dan selisih iuran BPJS yang di tanggung pemerintah.
” Ditahun anggaran 2024 saya baru saja tandatangi Rp. 90 Triliun 482 Miliar alokasi anggaran kesehatan, dimana Rp.40 Triliun Lebih untuk PBI. Ditahun 2020 ada usulan kenaikan iuran BPJS dari Rp.35.000 menjadi Rp.42.000, saya katakan bisa saja dinaikkan tapi jangan bebani rakyat. Sehingga kemudian atas persatuan Saya dan teman teman Komisi.IX selisih iuran setiap peserta Rp.7000 ditanggung pemerintah,”jelas FER

Tambahnya selama hampir 5 tahun dirinya dipercaya sebagai ketua Komisi IX sudah membantu kurang lebih 9.000 warga Sulut yang tidak mampu lewat KIS.
“Menjadi kepuasan bathin bagi saya,!jika mampu berbuat yang terbaik baik warga sulut yang mempercayakan saya sebagai anggota Dewan. Selain itu, kamii juga terus memperkuat pelayanan puskesmas dengan memberikan bantuan alat alat kesehatan seperti USG dan UKG untuk jantung yang sebelumnya hanya ada di RS,” ungkap Felly mantan anggota DPRD Sulut 2 periode ini.

Felly Juga terus mengimbau dan mengajak masyarakat yang hadir dalam sosialisasi ini untuk menjadi corong kepada keluarga, saudara dan siapapun yang dijumpai.

Sementara itu IbJouna, Apt. dari Dinkes Sulut mengingatkan masyarakat agar meminum obat sesuai petunjuk dokter dan tidak asal mengkonsumsi obat. Apalagi menyimpannya terlalu lama.
“Ada efek samping jika mengkonsumsi obat tidak tepat. RS Noongan itu kebanyakan pasien gagal ginjal, karena mengkonsumsi obat tidak rasional, gunakan obat secara tepat, simpan ditempat aman dan musnahkan obat yang kadaluarsa secara tepat, jangan asal dibuang,”tandasnya.

Hadir dalam kesempatan ini dari Kementrian Kesehatan RI, Bpk.Zulkifar, Dinas Kesehatan Sulut Ibu.Dian dan Ibu Jouna juga dari Dinas Kesehatan Kab.Mitra.

(DESI)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.