Steffen Linu : Sinergitas Kelembagaan Penting Untuk Suksesnya Pemilu

oleh -101 Dilihat
oleh
Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut Stefen Steffen Linu, SS.M.AP

 

Manado Tempo : Sementara Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut Steffen Linu, SS.M.AP dalam kegiataan penguatan kelembagaan menyampaikan betapa pentingnya membagun sinergitas yang baik antar lembaga untuk suksesnya pemilu baik Pilpres maupun pileg.

Fungsi dan Kewenangan yang dimiliki oleh Bawaslu yakni Fungsi Penindakan, Fungsi Pencegahan dan proses Penyelesaian Sengketa Pemilu serta bagaimana mensinergikan informasi Bawaslu melalui media dan juga Lembaga lainnya.

“Fungsi Pencegahan yakni penurunan APK di Kabupaten Kota bekerjasama dengan pihak – pihak terkait termasuk penertiban alat peraga sosialisasi. Fungsi Penindakan, pelanggaran pidana Pemilu juga sudah dilakukan Bawaslu Kabupaten Kota dan saat ini sementara berproses di Bawaslu Sulut bersama sama Gakumdu (Kepolisian dan Kejaksaan) dan juga proses Penyelesaian sengketa”, kata Linu.

Dia mengakui SDM Bawaslu baik Provinsi maupun Kabupaten Kota di Sulut masih terbatas, sehingga perlu ada sinergitas dengan Lembaga terkait lainya termasuk insan pers.

“Salah satu Program yang dilakuan Bawaslu untuk mensukseskan Pemilu 2024 yakni dengan mengajak Pemilih Pemula untuk diberikan pengetahuan kapasitas melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif dan itu sudah berlangsung sejak periode sebelumnya. Tidak hanya itu Bawaslu Sulut juga menggandeng Akademisi untuk memberikan penguatan kapasitas baik secara teori maupun praktek kepada seluruh jajaran Bawaslu secara berjenjang serta menyusun pemetaan strategi dalam konteks pencegahan menjelang tahapan menghitung dan rekapitulasi”, bebernya.

Dikatakan, Bawaslu Sulut sangat terbuka sekali terhadap masukan dari semua pihak untuk memaksimalkan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

Kegiatan Rakor dibuka oleh Ketua Bawaslu Sulut Dr.Ardiles Mewoh dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” serta Sub Tema “Sinergitas Wujudkan Pemilu Berintegritas”.

Hadir sejumlah stakholder terkait, Sekretaris Bawaslu , Aldrin Arthur Christian, S.STP dan jajaran sekretariat.

(Deasy Holung)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.