Felly Runtuwene : Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Konsumsi Obat

oleh -56 Dilihat
oleh
Sosialisasi Ketua Komisi IX DPR RI Felly Esterlita Runtuwene, SE (FER) bersama BBPOM Manado

 

Manado Tempo – Obat merupakan bahan yang sangat berpotensi bila digunakan dengan tepat karena obat dapat mencegah, menyembuhkan penyakit atau mengatasi masalah kesehatan anda. Namun sebaliknya, jika tidak digunakan dengan tepat, obat bukan saja tidak berguna, bahkan bisa merugikan karena obat merupakan bahan kimia yang selain memiliki efek terapi, juga dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Sosialisasi di Bitung

Menggunakan obat dengan tepat bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan masyarakat demikian disampaikan Ketua Komisi.IX DPR RI Felly Esterlita Runtuwene (FER), SE, saat melaksanakan sosialisasi bersama dengan Balai Besar POM diManado lewat kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi Obat dan Makanan Aman buat masyarakat Sulawesi Utara, Senin (29/01/2024) di Kabupaten Minut dan Kita Bitung.

Jelas Felly Runtuwene yang didampingi Kepala BBPOM, Agus Yudi Prayudana, S.Farm., Apt., M.M dan juga Ibu .Sarina Apt.

“Perlu masyarakat ketahui bahwa obat-obatan yang dijual di pasaran memiliki berbagai jenis atau golongan, fungsi, dan kegunaannya masing-masing tergantung dari penyakit atau gangguan yang dirasakan, baik secara psikologi maupun fisiologi. Jangan sembarangan beli diwarung atau misanya obat tetes mata yang dipakai secara bersama satu keluarga, ” terang Felly Esterlita Runtuwene, SE yang Caleg Nasdem No.urut 5 Dapil Sulut.

Sosialisasi diMinut

FER juga mengingatkan agar masyarakat memperhatikan 5 hal sebelum menggunakan obat yakni,
1.Memiliki.No. registrr
2.Informasi komposisi ada pada labe
3. Memperhatikan Ijin edar
4. Perhatikan kadaluarsa
5.Efek samping dan kontraindikasi.

FER juga meminta masyarakat untuk mematuhi semua informasi yang tertera pada kemasan obat atau aturan pakai yang dituliskan oleh apotik. Jika masih merasa kurang jelas, konsumen berhak untuk meminta informasi obat kepada apotek atau kepada Pusat Informasi Obat yang memberikan layanan informasi obat kepada masyarakat luas seperti PIO Nas Badan POM (Pusat Informasi Obat Nasional Badan POM).

Sementara itu dari Kepala BBPOM Manado, BBPOM, Agus Yudi Prayudana, menjelaskan
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia meminta konsumen untuk memilih pangan aman dengan melakukan Cek KLIK. 4 hal yang harus kita lakukan dalam memilih dan memilah bahan pangan, yaitu Cek Kemasan, Cek Label , Cek Izin Edar dan Cek Tanggal Kedaluwarsa.

Pertama, cek kemasan dengan memastikan kemasan selalu dalam kondisi sempurna. Kalau kemasannya kaleng, jangan sampai penyok, menggelembung, terbuka tutupnya ataupun rusak dan jangan sampai makanan yang kita konsumsi mengganggu kesehatan.

Kedua, cek label pada makanan. Minimal, ada 6 faktor yang harus dicantumkan diantaranya nomor izin edar, komposisi, nama produk, jenis, kode produksi dan tanggal kedaluwarsa. Pastikan selalu baca label makanan yang akan dibeli.

Ketiga, cek izin edar dengan memastikan selalu bahan pangan yang akan kita beli memiliki izin edar dari BPOM. Bahan pangan yang memiliki izin edar biasanya mencantumkan nomor registrasi dari BPOM dan memberikan pengamanan bahan pangan dengan tanda khusus untuk produk non halal.

Terakhir, pastikan selalu cek tanggal kedaluwarsa. Mengonsumsi bahan pangan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya beresiko tinggi. Selain kualitas makanan sudah berkurang atau hilang, bisa jadi bahan pangan mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya.

Ribuan maayarakat sangat antusia mengikuti sosialisasi ini.

(DESI)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.