Tutup Rakor Penguatan Kelembagaan Steffen Linu : Jajaran Bawaslu Awasi Dengan Cara-Cara Humanis Ceria

oleh -233 Dilihat
oleh
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steffen Stevanus Linu, SS M.AP

Manado Tempo – “Kami selalu mengingatkan jajaran Bawaslu agar dalam melakukan pengawasan dengan cara cara humanis ceria, karena tidak ada satu peserta pemilu yang ingin diawasi,”demikian disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steffen Stevanus Linu, SS M.AP saat menutup kegiatan Rapat Koordinasi penguatan kelembagaan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama stakeholder di Sulut, Senin (29/01/2024).

Jelasnya, dalam melakukan pengawasan Bawaslu bukan sengaja mencari cari kesalahan, tetapi tunduk pada aturan dan regulasi yang mengatur.
“Kami hanya ingin memastikan apakah peserta pemilu melaksanakan aturan sesuai regulasi yang ada. Jajaran Bawaslu yang turun juga kami ingatkan jangan perlihatkan atau pasang muka maskena tapi harus datang dengan pendekatan yang ceria , penuh senyum,” jelas Steffen.

Steffen juga mengungkapkan dalam melakukan pengawasan ada jajaran Bawaslu yang diintimidasi secara verbal bahkan menghalangi tugas dan kerja bawaslu, kami sudah terima laporan dan tindaklanjuti.

Linu juga mengingatkan agar peserta pemilu meninggal cara cara atau perilaku yang tidak benar yang menghalangi tugas pengawasan.
” Mari kedepankan visi dan misi calon, bukan hoax atau hasutan hasutan yang justru mencidrai pelaksanaan Pemilu, jadilah peserta pemilu dan masyatakat yang paham dan menghormati aturan yang ada,”ucapnya.

Linu juga berharap lewat kegiatan ini maka dapat memberi manfaat positif bagi peserta yang hadir, akademisi, media, OKP, Ormas sipil , Tim Kampanye Daerah, Akademisi dan stakrholder lainnya termasuk media.

Linu juga menjelaskaan ada beberapa hal yang menjadi objek pengawasan yakni
-Perencanaan dan penetapan jadwal tahapan Pemilu;
-Perencanaan pengadaan logistik oleh KPU;
-Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu; dan.
-Pelaksanaan persiapan lainnya dalam Penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

“Untuk ini Bawaslu melalukan pengawasan terhadap logistik pemilu,”tandasnya.

Terpantau hadir dalam acara ini mantan Ketua Bawaslu Sulut, Dr.Tommy Sumakul, Mantan Ketua KPU.Manado.Eugenius Paransi, mantan Ketua KPU Minsel , Yurni Sendow, Dr.Jhony Taroreh dan sejumlah akademisi lainnya.

(Deasy Holung)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.