KPU Minsel Laksanakan Pungut-Hitung Suara di Modoinding

oleh -50 Dilihat
oleh
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan pungut-hitung suara di Modoinding

 

Minsel, Manado TEMPO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan pungut-hitung suara di Modoinding, Selasa (30/1) kemarin.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Pinasungkulan dan melibatkan puluhan masyarakat yang terdaftar dalam DPT di TPS 04, hanyalah rangkaian simulasi dalam rangka pemantapan persiapan jelang pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Minsel Tomy Moga menjelaskan, simulasi pungut hitung diperlukan untuk mempresentasikan kejadian sebenarnya di TPS pada pemilu nanti.

“Ini adalah simulasi kedua. Sebelumnya kita menggelar simulasi pada Desember 2023 yang melibatkan seluruh jajaran PPK di Minahasa Selatan,” jelas Moga.

Proses simulasi pungut-hitung suara yang dimulai sejak siang hingga malam hari mendapat pengawasan langsung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minsel yang dipimpin Kordiv P3S Laode dan sejumlah jajaran panwascam.

Ketua Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Minsel Hanny Porayow mengatakan simulasi diawali dengan registrasi. Masing-masing pemilih mendapatkan 5 jenis surat suara. Dilanjutkan dengan mencoblos dan memasukkan surat suara ke kotak suara Pilpres, DPD, DPR-RI, DPR Propinsi dan DPRD Kabupaten. Setelah mencoblos semua mencelupkan jari ke tinta warna ungu.

“Dibuat seperti nyata. Ada kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, PTPS dan saksi. Apalagi memang pemilihnya adalah masyarakat yang terdaftar di DPT pada TPS tersebut,” kata Porayow.(AP).

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.