Angkutan Cerdas Beri Layanan Transportasi Gratis bagi Siswa Sekolah di Bitung

oleh -190 Dilihat
oleh

 

ManadoTEMPO, BITUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Sulawesi Utara, memberikan layanan transportasi gratis kepada siswa di kota itu melalui Program Angkutan Cerdas.

“Pemerintah Kota Bitung resmi meluncurkan Program Angkutan Cerdas yang memberikan layanan transportasi gratis bagi para siswa yang sekolahnya tidak dijangkau oleh transportasi umum,” kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Kamis (1/02/2024).

Dia mengatakan Dinas Perhubungan memulai Program Angkutan Cerdas di Kecamatan Matuari. Program tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan dan mendukung mobilitas anak-anak dalam mengejar ilmu.

Dalam upaya mendorong partisipasi aktif anak-anak di sekolah, lanjutnya, melalui program tersebut Pemkot Bitung bekerja sama dengan pihak swasta menyediakan armada transportasi yang nyaman dan aman.

Angkutan Cerdas ini, kata dia, tidak hanya menyediakan perjalanan gratis,tetapi juga menekankan pada aspek keamanan dengan pengemudi dan armada yang terawat baik.

Program ini, kata Maurits, diharapkan dapat mengurangi beban biaya transportasi keluarga pelajar dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan tingkat kehadiran siswa di sekolah.

Wali Kota Bitung menyatakan peluncuran Angkutan Cerdas merupakan langkah konkret dalam mendukung pendidikan di Kota Bitung.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mendukung kelancaran program tersebut demi masa depan pendidikan yang lebih baik.

Dengan peluncuran ini, kata dia, diharapkan para siswa dapat lebih fokus pada pembelajaran tanpa terkendala masalah transportasi.

Program Angkutan Cerdas ini menjadi contoh positif bagi kota-kota lain untuk memberikan perhatian serius terhadap pendidikan dan kesejahteraan anak-anak. Program ini, lanjutnya, sementara dikhususkan bagi siswa SMP dengan kapasitas 451 siswa yang dilayani 38 unit kendaraan. (inot)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.