Menyambut TIFF 2024, Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Bunga Terus Mempersiapkan Ketersediaan sampai Export

oleh -2880 Dilihat

Manadotempo Tomohon

 

Dinas Pertanian Kota Tomohon saat ini bersama 30 kelompok tani bunga yang ada di kota Tomohon sementara mempersiapkan bunga untuk Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2024. Fokus utama persiapan saat ini adalah pada pembenihan bunga krisan yang akan menjadi sorotan utama acara tersebut, juga nantinya akan ada Export bunga saat pelaksanaan nantinya.

 

Karel Lala menjelaskan bahwa selain kerjasama dengan kelompok tani, Dinas Pertanian juga telah memanfaatkan Show Window untuk menyiapkan mother plan sebagai indukan benih.

 

“Saat ini sudah ada dua puluh mother plan dengan produksi sekitar 40 hingga 70 ribu,” katanya. Kamis (22/02), saat ditemui di Show Window Kakaskasen, Tomohon Utara.

 

Selain bunga krisan, Dinas Pertanian Tomohon juga sedang mengembangkan varietas baru, yaitu bunga impation atau dikenal sebagai bunga teh.

 

Disisi lain, yang menjadi sorotan dalam helatan TIFF 2024 ini adalah rencana peluncuran ekspor bunga ke luar negeri. Karel Lala menjelaskan bahwa 10 kelompok tani akan terlibat dalam proyek ini, dengan memanfaatkan sembilan screen house yang dimiliki oleh kelompok tani tersebut.

 

“Target ekspor sebanyak 100 ribu tangkai akan disesuaikan dengan permintaan pasar, baik dari segi warna maupun ukuran,” ujarnya sembari mengungkapkan bahwa hal Ini merupakan langkah signifikan dalam meningkatkan potensi ekonomi lokal serta memperluas pasar bagi produk-produk pertanian Tomohon.

 

Lala juga berharap, melalui inisiatif ini, produk pertanian Kota Tomohon dapat bersaing secara global dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan.

No More Posts Available.

No more pages to load.