Walikota Maurits Mantiri Dampingi Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Beras di Bitung

oleh -58 Dilihat
oleh
Walikota Bitung Maurits Mantiri menyambut Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung, Jumat (23/2/2024) siang.

ManadoTEMPO, Bitung-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (23/2/2024) siang.

Tiba di Kota Bitung, Presiden Jokowi dan rombongan disambut Walikota Ir Maurits Mantiri MM. Dan selama kegiatan di Kota Bitung, Presiden Jokowi terus didampingi Walikota Maurits Mantiri.

Salah satu kunjungannya kali ini yakni untuk menyalurkan bantuan pangan yang dipusatkan di Gudang Bulog Paceda.

Presiden Jokowi pada kesempatan ini menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan ketersediaan stok beras, dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan ke sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bitung.

Ia terlihat senang saat menyapa masyarakat penerima bantuan yang sudah menunggu.

“Saya lihat ibu-ibu dan bapak-bapak ini sangat senang,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya usai melihat antusiasme besar dari para penerima bantuan.

Presiden memastikan bahwa para penerima bantuan telah menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram untuk bulan Januari dan Februari 2024. Ia berujar bahwa distribusi bantuan ini akan terus berlanjut hingga Juni 2024 mendatang.

“Nanti dilanjutkan Maret, April, Mei, Juni. Siapa yang tidak setuju tunjuk jari?” ujarnya.

Presiden pun berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban hidup masyarakat di tengah kondisi ekonomi saat ini, dan mengatakan pemerintah akan terus mengevaluasi kondisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kelanjutan program bantuan pangan tersebut.

“Nanti kalau APBN kita lihat agak longgar, bisa dilanjutkan lagi setelah Juni. Setuju, ibu-ibu dan bapak-bapak?” tanya Presiden, yang dijawab dengan suara bulat setuju oleh masyarakat yang hadir.

Program bantuan pangan ini juga dinilai dapat meringankan beban masyarakat, khususnya di Kota Bitung. Kebutuhan sehari-harinya menjadi tercukupi dengan adanya bantuan tersebut.

Warga menganggap bantuan tersebut sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat. Warga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah mengeluarkan kebijakan bantuan pangan tersebut.

Sementara itu Walikota Maurits Mantiri mengatakan, pemerintah akan terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menyalurkan beras bantuan pangan ke masyarakat.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk aksi cepat tanggap pemerintah atas dampak perekonomian yang ditimbulkan oleh perubahan iklim Elnino yang saat ini tengah melanda dunia,” ujarnya.

Selain menyalurkan beras bantuan pangan ke masyarakat, Presiden Jokowi juga bersilaturahmi dengan ribuan peserta nasabah dan pendamping Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) yang dilakukan di GOR Dua Sudara Bitung.

Turut juga mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan di Kota Bitung, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala Bappanas Arief Prasetyo, Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Sekda Kota Bitung Rudy Theno. (inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.