PD Pasar Tomohon Kelola Sampah Organik Hingga Puluhan Ton Perhari

oleh -2780 Dilihat

Manadotempo Tomohon. 

 

Perusahaan Daerah (PD) pasar kota Tomohon terus mengolah sampah organik yang dihasilkan dalam pasar sehari bisa mencapai 10 Ton sampah dan didominasi oleh sampah organik. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah pedagang di Pasar Beriman Tomohon yang mencapai 1100-1200 pedagang.

 

Direktur PD Pasar Tomohon Yanes Posumah STh kepada saat di konfirmasi mengatakan, jika hal ini menjadi perhatian penting dari PD Pasar dalam rangka menjaga kebersihan Pasar agar ada kenyamanan para pembeli. Akan hal ini, pastinya dari PD Pasar Tomohon akan serius menangani sampah organik ini.

 

“Memang untuk sampah organik di Pasar Tomohon bisa tembus 10 ton per hari. Umumnya untuk sampah organik ini adalah beragam jenis sayur, buah-buahan dan bumbu lainnya. Dan yang paling penting tahun 2024 ini, kita mengakali sampah organik ini dengan pengelolaan secara mandiri. Artinya kita menyiapkan satu tempat khusus untuk ditampung dan diolah menjadi pupuk,” Kata Posumah pada Rabu (28/2).

 

Posumah menambahkan, bahwa untuk lokasi lapak yang telah dipersiapkan untuk pengelolaan sampah organik ini, telah dipastikan bisa berjalan optimal di Tahun ini.

 

“Pasar Beriman terus melakukan pengembangan khususnya pengelolaan sampah ini. Jadi ada petugas khusus yang ditugaskan untuk memilah mana sampah organik dan mana sampah yang bukan organik seperti plastik, kertas dan kaleng yang langsung dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah,” tuturnya. (Oby).

No More Posts Available.

No more pages to load.