Kerja “Malendong” Maurits-Hengky Urus Kebersihan Bawa Bitung Sabet Adipura Kencana 2023

oleh -69 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO, Jakarta– Kerja keras dengan slogan “malendong” yang dilakukan Walikota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE (MM-HH) dalam urusan kebersihan selama ini memimpin Kota Bitung kembali diganjar prestasi adalah Adipura Kencana.

Membanggakan lagi, Kota Bitung berhasil menyabet Adipura Kencana 2023 adalah menjadi yang ke-Dua, penghargaan yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk Masyarakat Kota Bitung.

Adipura Kencana adalah penghargaan tertinggi bagi kabupaten atau kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

Pengumuman penerima penghargaan Adipura Kencana 2023 disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Adapun penghargaan diberikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan diterima langsung Wakil Walikota Hengky Honandar SE.

“Penghargaan ini adalah hasil dari kerja bersama kita, baik pemerintah, masyarakat dan semua stakeholder. Mari kita jaga kota kita tetap bersih,” ujar Wawali Hengky..

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, penghargaan Adipura merupakan representasi kesungguhan dalam menata lingkungan pada umumnya serta persoalan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH) pada khususnya.

Dia berharap, penghargaan Adipura tersebut tidak menjadi akhir dalam perjuangan menjaga lingkungan.

“Tetapi justru mengembangkan, membangkitkan semangat untuk melakukan langkah konkret di lapangan untuk mengatasi permasalah sampah di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Adapun Menteri Siti mengatakan, penilaian Adipura mengalami perkembangan dan berbagai penyesuaian, termasuk dalam penyusunan kriterianya.

Pada 2023, penilaian Adipura didorong dengan penerasan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dan berkelanjutan dari hulu hingga hilir.

“Penilaian Adipura dilakukan dengan berbasis sistem dan data yang mewajibkan daerah untuk menyampaikan data pengelolaan sampah melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN),” kata Siti.

Diketahui, selain Kota Bitung, ada empat kota atau kabupaten lain yang memperoleh Adipura Kencana 2023, yakni Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, dan Kabupaten Ciamis.

Penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ginandjar Kartasasmita selaku Ketua Dewan Pertimbangan Adipura beserta tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, dan pakar persampahan.

KLHK juga melibatkan pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkemuka, serta ahli di bidangnya dengan dibantu tim teknis.

Selain kelima kota atau kabupaten tersebut, ada 106 kabupaten atau kota yang meraih Anugerah Adipura 2023.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan 2022 di mana hanya ada 80 kota atau kabupaten yang mendapatkan Anugerah Adipura.

Ke-106 kabupaten atau kota yang meraih Anugerah Adipura 2023 tersebut mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik.

“Selain itu berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pada 2023 sebanyak 63 daerah mengalami peningkatan kinerja pengelolaan sampah dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Siti.

Siti menjelaskan, dalam Adipura 2023 dilakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kota atau kabupaten dari total 514 kota atau kabupaten di Indonesia.(inot/*)

No More Posts Available.

No more pages to load.