Ini Dia 10 Nama Calon Gubernur yang Paling Dijagokan

oleh -453 Dilihat
oleh
Ilustrasi Calon Gubernur

 

ManadoTEMPO – Siapa yang bakal menjadi calon Gubernur Sulut, kini menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat. Sejumlah nama mulai digadang gadang sebagai kandidat Cagb dalam Pilkada serentak September 2024.
Mereka memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari politisi, pensiunan Polri, hingga pengusaha.

Ruddy Kartasasmita, peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), menyatakan bahwa sejauh ini, semua 10 nama Cagub Sulut masih memiliki peluang yang setara.

Hal ini dikarenakan hasil Pemilu Legislatif 2024 masih belum terungkap.

“Semua masih punya peluang sama. Lagipula Pemilu legislatif belum ada hasilnya,” ujar Kartasasmita.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan saat ini hanya Steven Kandouw dari PDI Perjuangan dan Elly E Lasut dari Partai Demokrat yang secara resmi diumumkan sebagai calon top eksekutif Sulut oleh partai masing-masing.

Sementara itu, nama-nama lain baru sebatas menjadi perbincangan di kalangan pendukung.

Gubernur Olly Dondokambey sendiri secara konsisten menyebutkan bahwa Cagub dari PDIP adalah putra Tondano, yakni Steven Kandouw.

Dari Partai Nasdem muncul kandidat kuat ketua DPW Nasdem Sulawesi Utara Viktor M , yg merupakan Politikus Senior di Sulawesi Utara, Viktor M punya rekam jejak gemilang dalam perpolitikan SuLut terbukti dari 9 kali ikut dalam kontestasi Pileg 7 kali dilantik, dimana saat ini beliau menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Propinsi Sulut. Dalam Pileg 2024 beliau memilih tidak maju dalam kontestasi karena memilih fokus dalam mengawal Partai Nasdem. Dan ditengah kesulitan suhu Politik Sulut saat ini, dengan tangan dinginnya beliau masih dapat mempertahankan perolehan kursi Fraksi DPRD Propinsi dan masih punya wakil DPR RI.

Sedangkan Partai Demokrat, sejak E2L memimpin partai tersebut di Sulut, telah mengusung nama ayah dari Hillary Brigitta Lasut.

Elly Lasut (Istimewa) Masyarakat juga memperhatikan kemungkinan majunya Komjen Pol (Purn) Petrus Golose dalam Pilgub Sulut.

Golose, yang dikenal sebagai Putra Sulut pertama yang mencapai pangkat jenderal bintang tiga di Polri, mendapatkan banyak dukungan.

Kota Bitung, Ir Maurits Mantiri, yang juga menjabat sebagai Ketua Pria Kaum Bapa GMIM, mendapatkan dukungan besar dari para P/KB di 1065 jemaat di Kabupaten/Kota.

Pnt Maurits Mantiri Sementara itu, Irjen Pol (Purn) Ronny F Sompie, Putra Minut dan mantan Kadiv Humas Polri, dianggap sebagai figur yang ideal untuk memimpin Sulut berkat perannya dalam menyatukan berbagai kepelbagaian.

Ronny Sompie Nama Bupati Minut Joune Ganda juga muncul sebagai pemimpin yang muda dan dinamis, dianggap cocok untuk memimpin Sulut di era sekarang.

Irjen Pol (Purn) Carlo Tewu, Deputi Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, juga termasuk dalam daftar calon yang diantisipasi.

Carlo Brix Tewu Sebagai satu-satunya srikandi yang kencang disebut, Ir Rita Tamuntuan, istri Gubernur Olly Dondokambey, memiliki dorongan kuat untuk maju.

Namun, hingga kini, belum ada kepastian mengenai dukungan dari Olly Dondokambey.

Rita Dondokambey-Tamuntuan Dalam dunia pengusaha, nama Pdt Jimmy Tampi mencuat sebagai calon yang dianggap memiliki kriteria paling sesuai untuk memimpin Sulut, mengingat dualitas profesi sebagai pengusaha dan pelayan.

Pdt Jimmy Tampi Berat badannya yang turun dari 90 kg menjadi 58 kg, dengan menjalani diet sederhana, juga menjadi sorotan.

Terakhir, Presdir PT Freeport Indonesia Tonny Wenas, yang merupakan pilihan dari pemerintahan Presiden Jokowi dan diterima oleh perusahaan Amerika Serikat, turut mencuri perhatian. Kemampuannya diakui tanpa diragukan lagi.

(**/Deasy)

No More Posts Available.

No more pages to load.