Walikota-Wawali Bitung Ikut Ramaikan Pawai Takbiran Malam Idul Fitri 1445 Hijriah

oleh -2337 Dilihat
oleh
Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar melapas peserta pawai takbiran depan Kantor Walikota Bitung, Selasa (9//4/2024) malam.

ManadoTEMPO-Pemerintah Kota Bitung melalui Panitia peringatan Hari Besar Islam (PHBI) menggelar Pawai Takbiran malam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah, Selasa (09/04/2024) malam.

Pawai ini ikut diramaikan oleh Walikota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE, yang sekaligus melapasnya di depan Kantor Walikota Bitung.

Pawai Takbiran tahun 2024 di Kota Bitung ini dilakukan agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Dimana peserta pawai tidak hanya diikuti masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, tapi juga ada peserta yang berjalan kaki.

“Khusus bagi umat Muslim, takbiran merupakan amalan yang dianjurkan, dilakukan oleh umat Muslim. Takbiran adalah melakukan kalimat syukur sebagai bentuk suatu perjalanan dari sejak menjalankan ibadah puasa, malam ini takbiran dan besok solat id,” ujar Walikota Maurits Mantiri.

Pawai takbiran dilakukan untuk menyambut hari kemenangan dalam melawan hawa dan nafsu selama Bulan Ramadhan, pada malam yang penuh dengan keberkahan malam 1 Syawal 1445 Hijriah.

Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan umat Islam di malam Idul Fitri.

“Pawai takbiran ini bukan sekedar sebuah perayaan, tetapi juga simbol kebersamaan, persaudaraan, dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat kita yang beragam,” ujarnya.

Dikatakan pula, kegiatan pawai takbiran ini mengajarkan umat manusia untuk saling menghormati perbedaan, menjaga persatuan, dan untuk menyebarkan cinta dan kasih sayang kepada sesama.

“Pada malam yang penuh berkah ini, marilah kita bersama-sama merangkai doa dan harapan untuk kebaikan dan keselamatan bagi seluruh umat manusia, khususnya di Kota Bitiung,” kata Walikota Maurits Mantiri.

Ia pun mengajak semua untuk dapat menjadikan momentum pawai takbiran Idul Fitri ini sebagai landasan untuk membangun kebersamaan dalam menyukseskan pembangunan.

Tak lupa Walikota Maurits Mantiri menghimbau kepada seluruh peserta pawai untuk mengikuti arak-arakan pawai dengan tertib, serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia.

“Sehingga pawai takbiran ini dapat berlangsung dengan aman, lancar, sukses dan besok pagi bisa bersama-sama melaksanakan Sholat Idul Fitri,” pesannya.

Diketahui, kegiatan pawai takbiran ini digambarkan tentang malam yang penuh dengan kebahagiaan dimana seluruh umat Muslim di belahan dunia mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid.

Ini dilakukan untuk mengagungkan kebesaran sang pencipta Allah Swt, memuji-Nya dan mengucapkan rasa syukur kepada-Nya, atas nikmat malam yang penuh dengan kesucian ini.

Pawai takbiran ini juga dihadiri Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri-Tangkudung ST, Forkopimda Kota Bitung, Tokoh Agama, Kepala Kantor Kemenag Bitung, PHBI, MUI, LPTQ, BAMAG, NU, Muhammadiyah Alhairat, Hidayatulah, Ormas, serta jajaran pejabat Pemkot Bitung.

(BTG)

No More Posts Available.

No more pages to load.