Pemprov Sulut Terbitkan Surat Edaran Tanggap Darurat Bencana dan Buka Posko Bantuan

oleh -1812 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara gerak cepat dalam penanganan pasca letusan Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Pemprov telah mengirimkan bantuan untuk warga terdampak dan membuka Posko Bantuan yang bertempat di lobi kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Selain itu Gubernur Olly Dondokambey juga mengeluarkan Surat Edaran tentang Himbauan Tanggap Darurat Bencana Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro tertanggal 18 April 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Steve Kepel yang ditemui di Posko Bencana menjelaskan dengan dikeluarkannya Surat Edaran ini, Pemprov Sulut mengajak Kepala Daerah, masyarakat dan pihak lain untuk turut berpartisipasi dalam membantu warga yang terkena dampak letusan Gunung Api Ruang.

Sementara itu, bantuan yang terkumpul di posko nantinya akan dikirim secara bertahap.

Berikut Isi Surat Edaran Pemprov Sulut :

Provinsi Sulawesi Utara

Yth : 1. Bupati/Walikota Se-Sulawesi Utara
2. Seluruh Masyarakat Sulawesi Utara

Surat Edaran
Nomor: 360/24.2588/Sekr
Tentang
Himbauan Tanggap Darurat Bencana Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Memperhatikan Surat Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI Nomor;5.32.Lap/GL.03/BGV/2024 tanggal 16 April 2024, Perihal Penyampaian Kenaikan TIngkat Aktivitas Gunung Ruang dari Level II (Waspada) Menjadi Level III (Siaga), dan SK Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Nomor 100 tahun 2024, tentang Status Tanggap Darurat Gunung Api Ruang, serta memperhatikan kondisi terkini erupsi Gunung Api Ruang, yang mengakibatkan masyarakat yang menjadi korban cukup banyak mencapai kurang lebih 21.000 orang terdampak, maka disampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Mengantisipasi abu vulkanik yang disebabkan letusan Gunung Api Ruang, diinformasikan bahwa sesuai Notice To Airmen (NOTAM) PT. Angkasa Pura (AP) I Bandara Sam Ratulangi, aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup untuk sementara sampai dengan pemberitahuan selanjutnya;
2. Dihimbau kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara untuk bahu membahu bekerjasama membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dalam tanggap darurat penanganan bencana Gunung Api Ruang;
3. Bupati/Walikota kiranya dapat menghimbau masyarakat untuk ikut mendoakan penanganan bencana Gunung Api Ruang dan bagi masyarakat yang memiliki keluarga maupun kerabat di Pulau Tagulandang/daerah rawan terdampak bencana Gunung Api Ruang agar mengajak keluarga dan kerabat yang terdampak mengungsi;
4. Setiap daerah Kabupaten/Kota agar dapat membuka posko bantuan bencana bagi masyarakat untuk membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.
5. Dihimbau kepada masyarakat Sulawesi Utara untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan yang tidak perlu dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.
Demikian himauan disampaikan, atasnya diucapkan terima kasih. (*/inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.