Pasca Bencana, Steven Kandouw Desak Segera Perbaiki RSUD Batulaine Tagulandang

oleh -2543 Dilihat
oleh
Wagub Sulut Steven Kandouw turun langsung melihat kondisi rumah sakit yang rusak.

ManadoTEMPO- Pasca peristiwa erupsi Gunung Api Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro pada Rabu (17/4/2024) malam, pelayanan kesehatan RSUD Batulaine Tagulandang tidak beroperasi dan akhirnya harus dialihkan ke puskesmas.

Pelayanan kesehatan di RSUD Batulaine Tagulandang tidak berjalan dikarenakan hampir seluruh atap dan plafon serta sejumlah fasilitas rusak akibat dihujani abu dan lontaran batu gunung ruang lalu.

Plafon di setiap bangunan RSUD Batulaine Tagulandang ambruk. Hal ini mengakibatkan terganggunya pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Tagulandang.

“Sementara pelayan dialihkan ke puskesmas,” ungkap Dirut RSUD Batulaine Tagulandang dr Julin Makaluase kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw saat melakukan peninjauan beberapa ruangan rumah sakit, Selasa (23/4/2024).

Steven Kandouw yang saat itu dampingi Forkopimda Sulawesi Utara, langsung memerintahkan Penjabat Bupati Sitaro Joi Oroh agar segera menangani proses perbaikan RSUD Batulaine Tagulandang.

Sebab hal ini, tegas Kandouw, akan mengganggu pelayanan maksimal kesehatan kepada warga yang membutuhkan akses untuk melakukan pengobatan.

“Harus segera diperbaiki, ini penting untuk akses kesehatan masyarakat,” tegasnya.

Selain memerintahkan Joi Oroh agar segera menangani perbaikan rumah sakit, Kandouw bersama Forkopimda turut menyerahkan bantuan terpal sebanyak 100 bal secara simbolis.(inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.