Baru 3 Ribuan Warga Diungsikan Bertahap, BNPB RI: Pulau Gunung Ruang Harus Kosong Termasuk Juga di Tagulandang

oleh -6544 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO-Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto melakukan rapat koordinasi bersama Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan jajaran Forkopimda Sulut dan beberapa Kepala Daerah, di Kantor Gubernur, Kamis (02/05/2024)

Rakor ini membahas penanganan pasca erupsi Gunung Ruang yang kembali terjadi belum lama ini.

Usai rapat, Letjen TNI Suharyanto didampingi Gubernur Olly memaparkan beberapa hal yang dibahas.

“Jadi yang harus dilakukan adalah meyakinkan masyarakat tidak terkena dampak bencana,” ucapnya.

Dia mengatakan status Gunung Ruang kembali naik ke level awas serta tanggap darurat bencana diperpanjang sampai 14 Mei 2024.

Proses evakuasi warga telah berlangsung. Dimana sekitar 3000-an warga telah diungsikan. Sisanya masih sementara diupayakan.

“Karena Pulau Gunung Ruang harus kosong termasuk juga di Tagulandang,” tutur Kepala BNPB RI.

Armada angkutan laut pun akan dikerahkan sepenuhnya untuk membantu proses evakuasi warga. Mulai dari kapal milik TNI Angkatan Laut, Basarnas, Bea Cukai juga kapal milik pemerintah dan swasta.

“Target 3 hari masyarakat yang masih tertahan di Tagulandang bisa diungsikan,” ucap dia.

Sementara itu untuk lokasi pengungsian sendiri ada di Kota Bitung, Kota Manado dan Kabupaten Minahasa.

“Total ada tujuh titik pengungsian, tapi begitu sampai mereka dijemput anggota keluarganya. Namun demikian kita yakinkan kebutuhan logistik mereka betul-betul bisa terdukung meskipun mereka di tempat keluarganya, logistik ini kita berikan bantuan kepada keluarganya,” jelas Suharyanto.

Dalam rakor juga dibahas mengenai rencana relokasi warga. Dimana sebanyak 301 kepala keluarga yang tinggal di Gunung Ruang akan dipindahkan.

“Pemerintah Daerah sudah menyiapkan lahan, nanti (rumah) 301 (KK) itu akan dibangun oleh PUPR, masing-masing mendapat satu unit rumah dan fasilitas lainnya akan dilengkapi,” ungkapnya.

“Apabila lahannya sudah tersedia, masyarakat bersedia untuk direlokasi, langsung dibangun, sehingga masyarakat tidak terlalu lama mereka di pengungsian,” katanya lagi.

Selain itu, Pemerintah pusat juga menyiapkan bantuan untuk rumah rusak dampak erupsi Gunung Ruang. Bantuan sebesar 15 juta untuk rumah rusak ringan, 30 juta untuk rusak sedang dan bagi rumah rusak berat sebesar 60 juta rupiah.

Sementara itu, Gubernur Olly menyebut daerah yang rencananya akan menjadi tempat relokasi warga Gunung Ruang. “Wilayah ada di Likupang atau di Bolsel,” tukas Dondokambey.

Rencananya Kepapa BNPB RI bersama Gubernur serta jajaran Forkopimda akan berangkat ke Tagulandang, Jumat (03/05/2024) besok.

RADIUS 7 Km WASPADA

Pihak BNPB Pusat sudah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari kedepan. Perpanjangan status tanggap darurat erupsi Gunung Ruang berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 30 April hingga 14 Mei 2024

“Perpanjangan status tanggap darurat tersebut setelah erupsi Gunung Ruang. Sehingga berdasarkan aktivitas Gunung Ruang yang saat ini pada level IV atau awas, maka perlu perpanjangan status tanggap darurat,” ungkap Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM melaporkan erupsi Gunung Ruang kembali terjadi pada Selasa pagi lalu. Aktivitas vulkanis terbaru gunung tersebut terjadi pukul 08.35 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 5000 m di atas puncak.

Atas aktivitas vulkanis tersebut, PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada, serta tidak memasuki wilayah radius 7 km dr pusat kawah aktif.

Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang, yang masuk dalam radius 6 Km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar kawasan rawan bencana (KRB) itu.(inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.