Gubernur Sulut Olly Dondokambey: Warga Gunung Ruang Akan Mendapatkan Rumah Tipe-45

oleh -5642 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO-Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey memastikan penanganan pengungsi bencana erupsi gunung ruang terus dimaksimalkan Pemprov Sulut dan pemerintah pusat.

“Kita patut bersyukur karena apa yang diusulkan ke Pak Presiden disetujui.
Korban bencana di pulau gunung ruang akan mendapatkan rumah yang baru, halaman luas juga mendapat lahan untuk bertani satu hektar setiap keluarga,” ungkap Gubernur Sulut ini yang didampingi Wagub Sulut Steven Kandouw, Senin (06/05/2024) kepada wartawan di kantor Gubernur Sulut.

Tidak sampai situ, Gubernur Olly begitu akrab disapa menjelaskan, perjuangan Pemprov Sulut untuk korban bencana di pulau gunung ruang, sekarang sudah berproses, ke tempat yang disiapkan untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

ilustrasi rumah tipe 45. (istimewa)

“Masing-masing kepala keluarga (KK) sesuai data, untuk warga di dua desa yang berdomisili di gunung ruang akan mendapatkan atau dibangun rumah dengan tipe 45,” jelas Gubernur Sulut sembari menambahkan warga dua desa di gunung ruang akan direlokasi di daerah Bolsel.

Untuk diketahui, ada Dua desa yang berada di bawah kaki gunung ruang, yaitu Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente, menjadi desa paling parah terkena dampak letusan Gunung Ruang. Puluhan rumah di lokasi tersebut tertimbun material abu vulkanik,

Ditempat lain, untuk warga korban bencana erupsi gunung ruang di Tagulandang akan mendapatkan uang perbaikan rumah rusak sesuai kerusakan yang terjadi.

“Khusus di Tagulandang, rumah yang rusak berat mendapatkan uang 60 juta, rusak sedang 30 juta dan rusak ringan 15 juta,” kata Gubernur Olly.

Lanjut Gubernur, rumah yang rusak berat hingga ringan nantinya hanya diberikan uang tunai sementara kerusakannya, dibangun sendiri.

“Uang perbaikan rumah di Tagulandang itu akan diberikan dan nanti mereka yang bangun sendiri bukan dibangun oleh pemerintah dan tidak ada potongan-potongan,” kata Gubernur Olly mengingatkan.

Lebih jauh Gubernur Olly menjelaskan, sekarang ini sementara verifikasi rumah yang kondisinya rusak berat, sedang dan rusak ringan.

“Bulan depan paling cepat dana perbaikan rumah tersebut diserahkan. Pokoknya selesai verifikasi depe doi langsung kase,” imbuh Gubernur Sulut dengan dialek Manado.(inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.