Kelurahan Walian Satu Masuk 300 Besar ADWI 2024

oleh -1200 Dilihat

Manadotempo, Tomohon

Kelurahan Walian Satu di Kota Tomohon, yang dikenal sebagai “Kampung Wisata Ma’zani,” berhasil masuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia. Dari lebih dari 6.000 desa/kelurahan wisata yang berpartisipasi di seluruh Indonesia, Kelurahan Walian Satu merupakan salah satu dari lima desa di Sulawesi Utara yang berhasil mencapai prestasi tersebut.

 

Walikota Tomohon, Caroll Senduk, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian ini. “Kami sangat bangga bahwa Kelurahan Walian Satu bisa masuk dalam 300 besar ADWI 2024. Harapan kami, kelurahan ini bisa lolos ke babak berikutnya dan menjadi yang terbaik di antara desa-desa wisata lainnya di Indonesia,” ungkap Walikota Caroll Senduk melalui Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon, Yudisthira Siwu, pada Kamis (23/5).

 

Yudisthira juga menyampaikan pesan dari Walikota kepada kelurahan-kelurahan lainnya di Kota Tomohon untuk terus meningkatkan potensi dan menciptakan inovasi dalam mendukung program pemerintah di sektor pariwisata. “Mari kita ciptakan kelurahan berbasis wisata untuk mendukung ekonomi nasional demi kesejahteraan masyarakat semuanya,” tegasnya.

 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan bahwa ADWI 2024 mengangkat tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”. Menurutnya, pariwisata hijau bukan hanya tentang lingkungan, tetapi juga tentang pariwisata berkelanjutan yang menguntungkan secara ekonomi sambil meminimalkan dampak negatif serta menjaga dan melestarikan lingkungan dan budaya lokal.

 

Prestasi Kelurahan Walian Satu ini diharapkan dapat memotivasi desa-desa lainnya di Indonesia untuk terus mengembangkan potensi pariwisatanya dan berkontribusi pada ekonomi nasional melalui pariwisata yang berkelanjutan. (Oby).

No More Posts Available.

No more pages to load.