Hadapi Pilkada, Steffen Linu : Sinergitas Dan Komunikasi Dengan KPU Tetap Terbangun

oleh -60 Dilihat
oleh
Anggota Bawaslu Sulut , Steffen S. Linu, SS., MAP, selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Dan Hubungan Masyarakat, saat menjadi Narsum Rakor KPU dan Media.

ManadoTEMPO – Keberhasilan pelaksaaan Pemilu Februari 2024 kemarin, menjadi sebuah pijakan atau referensi untuk kerja dalam menghasilkan Piplres dan Pileg yang berkualitas, baik bagi KPU maupun Bawaslu tingkat propinsi dan jajaran guna menghadapi tahapan Pilkada yang tengah berlangsung.

Bagi anggota Bawaslu Sulut , Steffen S. Linu, SS., MAP, selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Dan Hubungan Masyarakat, tanpa adanya komunikasi yang terbangun baik, tidak akan mungkin menghasilkan pilkada yang berkualitas dan pemimpin yang baik.

Hal inidiungkap Steffen Linu, saat menjadi Narsum dalam Rakor yang digelar KPU Sulut bersama media, Senin (27/05/2024) di The Sentra Hotel Manado.

Steffen menjekaskaan saat ini Bawaslu tengah melakukan.perekrutan pengawas Desa dan Keluarahan. Dirinya berharap agar media !juga berperan mengawasi dan menyampaikan kepada publik /masyarakat, jika ada yang ternyata bermasalah atau tidak sesuai yang disyaratkan.

” Kami.tengah menyeleksi Pengawasn sidesa dan kelurahan di 15 kota, saat ini masuk pada tahapan wawancara bahkan tracking ( lacak) terhadao sipol jangan sampai ada yang masuj sipol. Kalaupun masuk buat klarifikais dan pernyataan. Badan ini menentukan juga dalam mengawasai tahapan , makanya kita lakukan secara cermat dan ketat,” tandas Steffen.

Saat disinggung mengenai harmonisasi dengan KPU Sulut dan jajaran, Linu memastikan apa yang dilakuka dalam Pileg dalam hal komunikasi langkah itu pun akan diambil.
“Kita punya semangat dan komitmen yang sama agar Pilkada diharapakan dapat menghadirkan pemimpin atau Kepala Daerah yang baik l, bibit, bobot baik dari hasil proses demokrasi pilkada yang baik. Dalam kerja sebagai penyelanggara kita harus bersinergi,” ungkapnya

Sebagai Bawaalu tegas Steffen, upaya pencegahan yang dikedepankan.Jika ada potensi masalah atau persoalan yang muncul kami ingatkan dan sampaikan rekomendasi untuk.ditindaklanjuti .
“Mungkin ada yang berpikir Bawaslu-KPU layaknya Kuncing dan tikus, namun kami dijajaran Bawaslu dalam setiap kesempatan selalu ingatkan bangun Komunikasi baik dengan KPU Kab/Kota, PPK hingga di tingkat bawah.
Contohnya dalam pemutahiran data, ini harus dilakukan bersama tidak bisa berjalan sendiri,” ucap Steffen.

Dalam melaksanakan tugas dan mengambil keputusan yang beririsan dengan kerja kerja KPU semua diletakkan pada koridor aturan hukum.
“Memang kita harus bisa dan pandai pandai memisahkan dan memilah dalam kerja dan tugas kita untuk memposisikan diri,” ujarnya kepada awak media.

(Deasy Holung)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.